ETHNO - EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SISWA SMA PASUNDAN 2

DEWI MAHARANI PUSPITA, 205040069 (2024) ETHNO - EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SISWA SMA PASUNDAN 2. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB 1 SKRIPSI MAHARANI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB 2 SKRIPSI MAHARANI.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
10.BAB 3 SKRIPSI MAHARANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11.BAB 4 SKRIPSI MAHARANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
12.BAB 5 SKRIPSI MAHARANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Di era kemajuan teknologi ini aplikasi pembelajaran merupakan sebuah cara yang tepat untuk dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran siswa dalam menguasai konsep pembelajaran. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian implementasi aplikasi ethno – edugame dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu Mengetahui peningkatan kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi sistem reproduksi dengan penerapan aplikasi Ethno - Edugames (sangkuriang). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Preeksperimental dengan desain penelitian One Grup Pre test – Post test Design. Pengumpulan data dalam penelitian berupa hasil pre test dan posttest dengan tingkat kognitif penguasaan konsep. Berdasarkan hasil pembelajaran menggunakan Aplikasi Ethno - Edugames sebelum diberi perlakuan dans sesudah diberi perlakuan melalui perhitungan N-Gain memperoleh persentase berupa kategori cukup efektif sebesar 71,38. maka dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi sangkuriang efektif dan memiliki respon positif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi sistem reproduksi. Kata Kunci : Ethno - Edugames, Implementasi, Penguasaan Konsep siswa, Sistem Reproduksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:58
Last Modified: 09 Sep 2024 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69855

Actions (login required)

View Item View Item