Ethno-Edugames : IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SISTEM KOORDINASI

PUSPA PUTRI MEIDA, 205040064 (2024) Ethno-Edugames : IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Sistem pendidikan pada zaman ini harus tanggap terhadap perkembangan teknologi. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramahi dan diskusi sekarang kurang diminati oleh para siswa schingga terjadinya penurunan kemampuan siswa, salah satunya yaitu kemampuan siswa dalam penguasaan konsep. Seiring dengan berkembangnya teknologi juga mampu mengikis kearifan lokal yang merupakan ciri khas dari suatu daerah, contohnya seperti permainan tradisional yang sering dimainkan olch anak-anak. Cara menjaga kelestarian kearifan lokal pada zaman ini yaitu dengan mengimplementasikan kearifan lokal dalam suatu kegiatan belajar mengajar yang dikemas melalui sebuah games edukasi berbasis teknologi. Tujuan khusus dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh implementasi aplikasi ethno-edugames (sangkuriang) terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa dan mengembangkan media pembelajaran inovatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 14 Kota Bandung dengan menggunakan satu kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang berjumlah 32 siswa dan satu kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi ethno-edugames (sangkuriang) yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen dengan teknik analisis data kuantitatif dengan design non-equivalent control group. Teknik pengumpulan data menggunakan 50 soal pre-test dan post-test serta 20 soal angket sebagai penunjang data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi ethno-edugarnes (sangkuriang) dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa, dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,65 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas kontrol rata-rata N-gain 0,47 dengan kategori sedang. Rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 48,31 dan kelas kontrol 32,75. Rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 81,94 dan kelas kontrol 64,50. Respon siswa terhadap aplikasi ethnoedugames (sangkuriang) termasuk kategori baik dengan 3 indikator dengan presentase rata rata 84,63 %, 85,41 % dan 90,61 %. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Guru dapat mengembangkan media pembelajaran inovatif lanjut dengan berbasis teknologi yang menerapkan kearifan lokal. Kata kunci : Ethno-edugames, Penguasaan konsep, Sistem koordinasi, Teknologi,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:54
Last Modified: 09 Sep 2024 03:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69853

Actions (login required)

View Item View Item