ETHNO-EDUGAMES : IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG

KARTINI, PUTRI,205040055 (2024) ETHNO-EDUGAMES : IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Putri.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak, Abstract, dan Ringkesan.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 1.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB 2.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Peserta Didik pada Pembelajaran abad ke-21 sangat bergantung dengan intenet dan juga smartphone. Sehingga proses pembelajaran harus menerapkan pemanfaatan teknologi yang semakin canggih dan semakin diperbarui. Tidak hanya digunakan untuk pembelajaran, Peserta Didik menggunakan internet dan smartphone untuk bermain game. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menyebabkan permainan tradisional menjadi kurang diminati oleh peserta didik. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian penerapan aplikasi Ethnoedugames dalam pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui apakah implementasi aplikasi Ethno-edugames dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran biologi materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperiment dan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-experimental dengan bentuk One Group Pre-test and post-test, sampel yang digunakan yaitu peserta didik SMA kelas XI sebanyak 30 peserta didik pada kelas eksperimen kelas XI MIPA 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi Ethno-edugames dengan rata-rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi Ethno-edugames dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi sistem reproduksi. Kata Kunci: aplikasi Ethno-edugames, hasil belajar, mata Pelajaran biologi, sistem reproduksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:43
Last Modified: 09 Sep 2024 03:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69849

Actions (login required)

View Item View Item