KARTINI, PUTRI,205040055 (2024) ETHNO-EDUGAMES : IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover Skripsi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan Putri.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak, Abstract, dan Ringkesan.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (816kB) | Preview |
|
Text
10. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
||
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
Peserta Didik pada Pembelajaran abad ke-21 sangat bergantung dengan intenet dan juga smartphone. Sehingga proses pembelajaran harus menerapkan pemanfaatan teknologi yang semakin canggih dan semakin diperbarui. Tidak hanya digunakan untuk pembelajaran, Peserta Didik menggunakan internet dan smartphone untuk bermain game. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menyebabkan permainan tradisional menjadi kurang diminati oleh peserta didik. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian penerapan aplikasi Ethnoedugames dalam pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui apakah implementasi aplikasi Ethno-edugames dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran biologi materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperiment dan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-experimental dengan bentuk One Group Pre-test and post-test, sampel yang digunakan yaitu peserta didik SMA kelas XI sebanyak 30 peserta didik pada kelas eksperimen kelas XI MIPA 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi Ethno-edugames dengan rata-rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi Ethno-edugames dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi sistem reproduksi. Kata Kunci: aplikasi Ethno-edugames, hasil belajar, mata Pelajaran biologi, sistem reproduksi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69849 |
Actions (login required)
View Item |