ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI

HAKIM YOHANA ARTA MEVIANDHALANI, 205040086 (2024) ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab 1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab 2.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
10. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
11. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
12. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Abad 21 identik dengan teknologi, yang dimana perkembangan masyarakat harus sesuai dengan peradaban seiring dengan perkembangan zaman. teknologi juga banyak sekali membantu pada dunia pendidikan. Penyelarasan teknologi ke dalam pembelajaran ini dapat dikolaborasikan dengan permainan yang dikemas dalam sebuah aplikasi untuk membuat daya tarik siswa dalam proses pembelajaran. Dengan begitu tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koordinasi dengan menggunakan media pembelajaran Ethno-edugames. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif dan desain non-equivalent control grup. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan juga non-tes atau respon siswa. Ada dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa pada kelas eksperimen memperoleh hasil n-gain sebesar 0,70% dengan kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil sebesar 0,29% dengan kategori rendah. Adapun hasil dari kuesioner siswa terhadap aplikasi Ethnoedugames dengan 3 indikator dengan indikator pertama memperoleh hasil sebesar 79,86% dengan kategori baik, indikator kedua memperoleh hasil sebesar 80,28% dengan kategori baik sekali, indikator ketiga memperoleh hasil sebesar 77,43% dengan kategori baik. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koordinasi dengan menggunakan aplikasi Ethno-edugames. Kata Kunci: Pembelajaran, Pre-test, Post-test, Kelas Eksperimen, Kelas Kontrol, Peningkatan, Ethno-edugames

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:36
Last Modified: 09 Sep 2024 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69846

Actions (login required)

View Item View Item