HAKIM YOHANA ARTA MEVIANDHALANI, 205040086 (2024) ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab 1.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab 2.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text
10. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
Text
11. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
Text
12. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Abad 21 identik dengan teknologi, yang dimana perkembangan masyarakat harus sesuai dengan peradaban seiring dengan perkembangan zaman. teknologi juga banyak sekali membantu pada dunia pendidikan. Penyelarasan teknologi ke dalam pembelajaran ini dapat dikolaborasikan dengan permainan yang dikemas dalam sebuah aplikasi untuk membuat daya tarik siswa dalam proses pembelajaran. Dengan begitu tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koordinasi dengan menggunakan media pembelajaran Ethno-edugames. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif dan desain non-equivalent control grup. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan juga non-tes atau respon siswa. Ada dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa pada kelas eksperimen memperoleh hasil n-gain sebesar 0,70% dengan kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil sebesar 0,29% dengan kategori rendah. Adapun hasil dari kuesioner siswa terhadap aplikasi Ethnoedugames dengan 3 indikator dengan indikator pertama memperoleh hasil sebesar 79,86% dengan kategori baik, indikator kedua memperoleh hasil sebesar 80,28% dengan kategori baik sekali, indikator ketiga memperoleh hasil sebesar 77,43% dengan kategori baik. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koordinasi dengan menggunakan aplikasi Ethno-edugames. Kata Kunci: Pembelajaran, Pre-test, Post-test, Kelas Eksperimen, Kelas Kontrol, Peningkatan, Ethno-edugames
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:36 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69846 |
Actions (login required)
View Item |