Perancangan dan Pembuatan Alat Uji Gearbox Tractorpack V3 Design and Manufacture of Testing Equipment for Gearbox Tractorpack V3

Effendi, Galih Lugina and Sugiharto, S and Kwintarini, Widiyanti (2023) Perancangan dan Pembuatan Alat Uji Gearbox Tractorpack V3 Design and Manufacture of Testing Equipment for Gearbox Tractorpack V3. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Galih Lugina Effendi_183030118_Teknik Mesin.pdf

Download (0B)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69819

Abstract

Tractorpack yang dirancang oleh Program Studi Teknik Mesin Universitas Pasundan merupakan alat bantu petani untuk proses penggemburan tanah pada area pertanian lahan miring dan perkebunan yang umumnya berada di area perbukitan yang sempit dengan akses yang sulit jika menggunakan traktor biasa. Komponen yang sangat penting pada tractorpack adalah gearbox. Gearbox merupakan alat yang berfungsi untuk menyesuaikan daya atau torsi dari motor yang berputar. Pada versi sebelumnya, tractorpack masih terdapat kekurangan terutama pada bagian gearbox V2 diantaranya; gearbox kurang ruang penampungan oli, gearbox overheat, terjadi kebocoran pada bagian sistem pelumasan, serta harga dari traktor yang masih relatif mahal bagi para petani. Tujuan yang ingin dicapai dari tugas akhir ini adalah merancang alat uji gearbox tractorpack V3, proses produksi alat uji gearbox tractorpack V3, dan uji coba gearbox tractorpack V3 untuk mengetahui temperatur steady. Metode pada tugas akhir ini yaitu merancang alat uji gearbox dengan menggunakan software solidworks 2021, membuat alat uji untuk mengetahui cost dan waktu pembuatan alat uji dan menguji gearbox V3 untuk megetahui temperatur steady pada gearbox V3. Pada tugas akhir ini berhasil merancang dan membuat alat uji gearbox tractorpack V3 dengan dimensi 776 mm, 126 mm, dan 766 mm serta alat ini digunakan untuk pengujian gearbox V3. Cost pembuatan sebesar Rp. 789.000 dan waktu pembuatan selama 3 jam 58 menit. Pada uji coba gearbox V3; hasil simulasi heat transfer temperatur maksimal sebesar 75 ˚C, pengujian gearbox V3 tanpa beban menggunakan thermograph sebesar 82.4 ˚C, dan pengujian gearbox V3 dengan beban menggunakan thermocouple sebesar 70.2 ˚C. Berdasarkan hasil uji coba, gearbox V3 dikatakan aman karena standar temperatur gearbox ideal adalah 70 ˚C – 97 ˚C. Kata kunci: gearbox, thermograph, thermocouple, alat uji gearbox.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2023
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 07 Sep 2024 03:26
Last Modified: 07 Sep 2024 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69819

Actions (login required)

View Item View Item