Perancangan Sub-Sistem Adaptor Pengumpan Elektrolit pada Peralatan Pelapisan Elektro Jalur Tertutup Aliran Tembus (Flow Trough Closed Loop Electroplating) Design of Electrolyte Feeder Adaptor Subsystem in Flow Trough Closed Loop Electroplating

Firmansyah, Haris and Bagdja, Ade and Sugiharto, S (2024) Perancangan Sub-Sistem Adaptor Pengumpan Elektrolit pada Peralatan Pelapisan Elektro Jalur Tertutup Aliran Tembus (Flow Trough Closed Loop Electroplating) Design of Electrolyte Feeder Adaptor Subsystem in Flow Trough Closed Loop Electroplating. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Haris Firmansyah_183030065_Teknik Mesin.pdf

Download (0B)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69818

Abstract

Elektroplating adalah proses pelapisan permukaan logam dengan menggunakan sumber arus listrik DC (Direct Current) dan senyawa kimia elektrolit yang bertujuan untuk memindahkan partikel pelapis ke logam yang akan dilapis. Pada umumnya proses pelapisan menggunakan metoda elektroplating rendam. Tetapi saat digunakan untuk melapisi permukaan bagian dalam pipa, terutama dengan rasio panjang terhadap diameter (l/d) > 50, untuk memperoleh hasil pelapisan yang homogen dan konsisten menjadi rumit dan kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat prototype alat perlakuan pelapisan permukaan siklus tertutup aliran tembus dengan metode pelapisan elektroplating sebagai alat untuk melapis permukaan bagian dalam pipa. Material yang dilapisi terletak pada kutub negatif (Katoda) dan material yang melapisi terdapat didalam cairan elektrolit yang dialirkan didalam pipa membentuk sebuah siklus tertutup aliran elektrolit. Sedangkan kutub positif (Anoda) disambungkan pada rangkaian listrik sebagai elektroda pengumpan arus. Uji coba proses pelapisan pada penelitian ini menggunakan: Pipa yang dilapisi stainless steel 304 1/8 SCH 10S OD = 10 mm; ID = 6 mm dengan panjang 320 mm dengan rasio l/d = 53,3. Bahan pelapis yang digunakan adalah Krom. Parameter proses pelapisan yang digunakan: Temperatur elektrolit 50°C, kecepatan laju aliran elektrolit pada saat proses pelapisan sebesar 0,88 m/s, kuat Arus 5 Ampere, Tegangan 3 Volt, dengan variasi waktu pelapisan 180 menit dan 240 menit. Hasil ketebalan pelapisan diamati menggunakan mikroskopik dengan pembesaraan 200x pada tiga bagian pipa (atas, tengah dan bawah) dengan empat titik yang berbeda 0° - 90° – 180° – 270° per bagian. Hasil yang diperoleh sampai saat ini, terdapat ketebalan lapisan yang bervariasi. Hasil ketebalan dengan lama waktu pelapisan 180 menit mendapatkan lapisan paling tebal pada titik 0° di bagian bawah pipa sebesar 56 µm. Dan hasil ketebalan dengan lama waktu pelapisan 240 menit mendapatkan lapisan paling tebal pada titik 0° di bagian atas pipa sebesar 50 µm. Penelitian dilakukan secara bersama dalam sebuah kesatuan: 2 sub-sistem. Pada penelitian ini berfokus pada Perancangan Sub-Sistem Adaptor Pengumpan Elektrolit. Kata kunci: elektroplating, krom, ketebalan lapisan, waktu dan kuat arus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 07 Sep 2024 03:23
Last Modified: 07 Sep 2024 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69818

Actions (login required)

View Item View Item