Pembuatan dan Pengujian Model Turbin Angin Tipe Poros Silang Kapasitas Daya 10 W Manufacturing and Testing of a Cross Axis Type Wind Turbine Model with a Power Capacity of 10 W

Sidiq, Himawan and Endang Ahdi, DS and Tarigan,, Bukti (2023) Pembuatan dan Pengujian Model Turbin Angin Tipe Poros Silang Kapasitas Daya 10 W Manufacturing and Testing of a Cross Axis Type Wind Turbine Model with a Power Capacity of 10 W. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Himawan Sidiq_183030018_Teknik Mesin.pdf

Download (0B)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69816

Abstract

Upaya pemanfaatan energi surya dan energi angin untuk pembangkit listrik merupakan bagian dari pengembangan pemanfaatan sumber energi terbarukan. Salah satu tujuan pengembangan energi terbarukan yaitu meningkatan kinerja pembangkit listrik yang bersumber dari energi terbarukan. Turbin angin untuk pembangkit listrik yang telah lama dikenal yaitu turbin angin poros vertikal dan turbin angin poros horizontal. Turbin angin poros vertikal dan turbin angin poros horizontal dirancang untuk menyerap energi angin yang bergerak secara horizontal. Karakteristik angin pada bangunan tinggi di perkotaan dapat dianggap sebagai aliran yang datang dari dua sumber yaitu arah vertikal dan horizontal. Konsep baru model turbin angin poros silang dengan diameter rotor 800 mm dan tinggi 800 mm, dirancang untuk menyerap energi angin yang mengalir dari dua sumber yaitu dari arah vertikal dan arah horizontal. Model turbin angin poros silang terdiri dari tiga sudu vertikal dan dua susunan sudu horizontal yang masing-masing memiliki tiga sudu. Uji performansi dilakukan pada kecepatan angin konstan yaitu 5 m/s. Selama pengujian, sudut pitch sudu horizontal divariasikan dari 15°, 20°, 25°, 30°, dan 35°. Hasil pengujian performansi manunjukkan bahwa daya keluaran dan koefisien performansi model turbin angin dipengaruhi oleh kecepatan angin, berat rotor, dan sudut pitch sudu horizontal. Pada kecepatan angin 5 m/s, daya yang dibangkitkan generator diperkirakan sebesar 2,2 W dan koefisien performansi maksimum sekitar 4,5% dengan sudut pitch sudu horizontal 15° dan tips speed ratio sebesar 1,5. Kata Kunci: Kecepatan angin, Sudut pitch sudu, Koefisien performansi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2023
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 07 Sep 2024 03:14
Last Modified: 07 Sep 2024 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69816

Actions (login required)

View Item View Item