FOREIGN AID AMERIKA SERIKAT MELALUI WOMEN FOR AFGHAN WOMEN (WAW) DALAM MEMPROMOSIKAN HAK PEREMPUAN AFGHANISTAN DI BAWAH PEMERINTAHAN TALIBAN

Pertiwi, Sekar (2024) FOREIGN AID AMERIKA SERIKAT MELALUI WOMEN FOR AFGHAN WOMEN (WAW) DALAM MEMPROMOSIKAN HAK PEREMPUAN AFGHANISTAN DI BAWAH PEMERINTAHAN TALIBAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGUJIAN.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA (Indonesia, Inggris, Sunda).pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran penting Bantuan Luar Negeri atau Foreign Aid dalam konteks Hubungan Internasional (HI). Penelitian ini mengkaji bagaimana bantuan luar negeri, yang disalurkan oleh negara donor seperti Amerika Serikat (AS), berkontribusi pada stabilitas politik dan ekonomi Afghanistan melalui implementasi kebijakan luar negeri AS. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti bagaimana AS memanfaatkan instrumen bantuan luar negeri untuk mewujudkan kepentingan nasionalnya. Bantuan tersebut disalurkan melalui organisasi non- pemerintah Women for Afghan Women (WAW) di Afghanistan, yang berdedikasi untuk mendukung dan memberdayakan perempuan Afghanistan, terutama di bawah pemerintahan Taliban. Skripsi ini membahas bagaimana AS, melalui WAW, mampu mempromosikan hak-hak perempuan Afghanistan sebagai bagian dari kepentingan nasionalnya. Penelitian ini menggunakan konsep dan kerangka teoritis Foreign Aid as Foreign Policy, Theory Dependency, dan Feminism as National Interest. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam studi ini, dengan data sekunder sebagai sumber utama. Teknik observasi dan analisis naratif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa AS memanfaatkan bantuan luar negeri sebagai alat strategis dalam kebijakan luar negerinya untuk mendorong kepentingan nasionalnya. Salah satu kepentingan tersebut adalah memperjuangkan hak-hak perempuan di Afghanistan, yang sejalan dengan prinsip-prinsip demokrasi dan hak asasi manusia yang menjadi landasan ideologis AS. Dalam jangka panjang, hal ini berimplikasi pada tingkat ketergantungan dan otonomi Afghanistan terhadap bantuan luar negeri dari AS. Kata Kunci : Foreign Aid, Amerika Serikat, Women for Afghan Women, Afghanistan, Feminisme as National Interest, Teori Dependency, Taliban. Hak perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:28
Last Modified: 06 Sep 2024 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69806

Actions (login required)

View Item View Item