PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RAMAH OTAK DENGAN BERBANTUAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMA 3 PASUNDAN BANDUNG

LATIEF, FAUZAN WILDAN,205030036 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RAMAH OTAK DENGAN BERBANTUAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMA 3 PASUNDAN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai masalah keterampilan menulis teks negosiasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam kurikulum merdeka setiap capaian pembelajaran menuntut keterampilan menulis peserta didik. Kebutuhan keterampilan menulis teks negosiasi tidak sesuai dengan kondisi peserta didik kelas X SMA 3 Pasundan Bandung. Pembelajaran Bahasa Indonesia juga masih sering kali dianggap membosankan oleh peserta didik hal ini dikarenakan pendidik masih menggunakan model pembelajaran yang kuno. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan model ramah otak berbantuan media komuk, terdapat peningkatan peserta didik setelah diterapkan pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan model ramah otak berbantuan media komik, terdapat perbedaan peserta didik setelah diterapkan model ramah otak dengan berbantuan media komik, keefektifan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model ramah otak berbantuan media komik. Melalui metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk Quasi Experimentan Design, adapun hasil penelitian yaitu: 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan model ramah otak berbantuan komik dengan nilai rata-rata 3,1. 2) peningktan peserta didik setelah diberi perlakuan model ramah otak dan media komik 3) perbedaan peserta didik setelah diberikan model ramah otak dan media komik 4) keefektifa peserta didik setelah menggunakan model ramah otak dan media komik. Kata Kunci: Menulis, teks negosiasi, model Ramah Otak, media Komik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:11
Last Modified: 05 Sep 2024 08:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69784

Actions (login required)

View Item View Item