LATIEF, FAUZAN WILDAN,205030036 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RAMAH OTAK DENGAN BERBANTUAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMA 3 PASUNDAN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai masalah keterampilan menulis teks negosiasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam kurikulum merdeka setiap capaian pembelajaran menuntut keterampilan menulis peserta didik. Kebutuhan keterampilan menulis teks negosiasi tidak sesuai dengan kondisi peserta didik kelas X SMA 3 Pasundan Bandung. Pembelajaran Bahasa Indonesia juga masih sering kali dianggap membosankan oleh peserta didik hal ini dikarenakan pendidik masih menggunakan model pembelajaran yang kuno. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan model ramah otak berbantuan media komuk, terdapat peningkatan peserta didik setelah diterapkan pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan model ramah otak berbantuan media komik, terdapat perbedaan peserta didik setelah diterapkan model ramah otak dengan berbantuan media komik, keefektifan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model ramah otak berbantuan media komik. Melalui metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk Quasi Experimentan Design, adapun hasil penelitian yaitu: 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan model ramah otak berbantuan komik dengan nilai rata-rata 3,1. 2) peningktan peserta didik setelah diberi perlakuan model ramah otak dan media komik 3) perbedaan peserta didik setelah diberikan model ramah otak dan media komik 4) keefektifa peserta didik setelah menggunakan model ramah otak dan media komik. Kata Kunci: Menulis, teks negosiasi, model Ramah Otak, media Komik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 08:11 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 08:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69784 |
Actions (login required)
View Item |