PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR

MARLINA DINA, 205060048 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu rendahnya kemampuan numerasi peserta didik di SDN Ciparigi dikarenakan sebagian peserta didik menganggap matematika sebagai ilmu yang sulit untuk dipahami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan Quizizz terhadap kemampuan numerasi peserta didik kelas II SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SDN Ciparigi yang berjumlah 45 peserta didik dan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas II A yang berjumlah 23 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning berbantuan Quizizz dan II B yang berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh implementasi model problem based learning berbantuan Quizizz dalam pembelajaran matematika di SD termasuk kategori baik, hal ini terlihat dari persentase aktivitas pendidik 75% dan peserta didik 74,5% dengan kategori keduanya yaitu “Baik”. Ada pengaruh dari penggunaan model problem based learning berbantuan Quizizz terhadap kemampuan numerasi peserta didik, hal ini terlihat dari hasil uji Mann Whitney nilai Sig. (2-tailed) 0.009. Besar pengaruh dari penggunaan model problem based learning berbantuan Quizizz terhadap kemampuan numerasi peserta didik adalah effect tinggi, hal ini terlihat dari hasil uji Effect Size yaitu 0.82. Ada perbedaan dalam peningkatan kemampuan numerasi antara peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan Quizizz dan yang mengikuti pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari hasil uji Mann Whitney nilai Sig. (2-tailed) 0.001. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan Quizizz terhadap kemampuan numerasi peserta didik kelas II SD. Kata Kunci: Problem Based Learning, Quizizz, Kemampuan Numerasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:07
Last Modified: 05 Sep 2024 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69772

Actions (login required)

View Item View Item