ANALISIS EFEKTIVITAS ORGANISASI UNIT KEGIATAN MAHASISWA SEBAGAI SALAH SATU BRAND IMAGE UNIVERSITAS (Studi Kasus Pada Lingkung Seni Mahasiswa)

Akhwat, Gita Aulia (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS ORGANISASI UNIT KEGIATAN MAHASISWA SEBAGAI SALAH SATU BRAND IMAGE UNIVERSITAS (Studi Kasus Pada Lingkung Seni Mahasiswa). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Lingkung Seni Mahasiswa (LISMA) adalah sebuah organisasi kemahasiswaan di Universitas Pasundan Bandung yang mewadahi minat dan bakat anggotanya di bidang seni. Memiliki lima bidang kesenian membuat Lisma menjadi salah satu unit kegitan mahasiswa yang memiliki kuantitas sumber daya manusia yang sangat banyak. Karena setiap tahunnya Lisma selalu diminati banyak mahasiswa yang tentu saja dengan karakter dan kemampuan yang berbeda. Hal itu menjadikan adanya permasalahan mengenai sumber daya manusia, yaitu perbedaan kualitas anggota yang dimiliki Lisma yang mempengaruhi proses suatu program kerja ketika kinerja anggota tidak merata. Selain itu budaya organisasi pun memiliki andil yang cukup dalam menjadikan Lisma mencapai efektivitas organisasi. Memiliki banyak program kerja mejadi salah satu budaya Lisma setiap tahunnya yang perlu diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum Lingkung Seni Mahasiswa juga untuk mengetahui cara yang dilakukan oleh Lisma untuk mencapai efektivitas organisasi. Selain itu untuk mengetahui upaya yang dilakukan Lisma untuk menjadi salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan citra positif universitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dokumentasi, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan kualitas anggota tidak dapat ditanggulangi sepenuhnya, sehingga di setiap tahunnya keaktifan anggota dalam mengikuti kegiatan yang ada pun mengalami penaikan dan penurunan. Melalui observasi dan wawancara yang dilakukan selain itu jadwal program kerja yang padat juga menjadikan anggota menjadi kurang aktif. Yang artinya Lisma belum bisa mencapai efektivitas organisasi dengan baik secara keseluruhan. Akan tetapi hal itu tidak menutup bahwa Lingkung Seni Mahasiswa adalah media promosi paling efektif untuk universitas. Brand Image universitas meningkat salah satunya karena program kerja Lisma, juga dari karya original dan keikutsertaan Lisma dalam banyak kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Saran yang dapat peneliti berikan adalah dengan pengaturan memperhitungkan berbagai kemungkinan ketika perencanaan dan penyusan jadwal kegiatan selama satu tahun periode, sehingga perbedaan kualitas tidak akan mempengaruhi proses pencapaian tujuan begitu besar, ketika anggota tidak mengalami kejenuhan dalam sebuah organisasi. Kata Kunci : Eefektivitas Organisasi, Brand Image

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:35
Last Modified: 03 Sep 2024 07:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69725

Actions (login required)

View Item View Item