PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI TOKOH SEJARAH PADA MASA KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN LINGGAR 01 KECAMATAN RANCAEKEK KABUPATEN BANDUNG

Rd. Lukman Hermansyah, 115060079 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI TOKOH SEJARAH PADA MASA KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN LINGGAR 01 KECAMATAN RANCAEKEK KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (80kB)
[img] Text
Abstrak kata isi.docx

Download (42kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (41kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (55kB)
[img] Text
Bab 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
Bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Bab 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.doc
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul penerapan model pembelajaran Cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ips materi tokoh sejarah pada masa kerajaan hindu-budha dan islam di indonesia pada siswa kelas V SDN Linggar 01 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung dengan jumlah siswa 26 orang. Kemampuan menguasai materi yang masih rendah serta kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran IPS mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dari permasalahan di atas, fokus penelitian yaitu penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan kurangnya kemampuan menguasai materi serta minat siswa terhadap mata pelajaran IPS diakibatkan cara belajar yang cenderung membosankan. Penelitian yang dilakukan adalah PTK (Action Research Class Room) penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri atas beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes tulisan dan lembar observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe teams games tournament pada mata pelajaran IPS pokok bahasan tokoh sejarah pada masa kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia yang dilakukan di kelas V SDN Linggar 01 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung dapat meningkatkan hasil belajar secara optimal. Hal ini terbukti dari perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I pre-test 5,04 dan post-test 5,50. Pada siklus II menjadi pre-test 6,63 dan post-test 7,70, terjadi peningkatan pada skor rata-rata pre-test sebesar 1.59 (15.9%) dan pada post-test sebesar 2,22 (22.2%) adanya peningkatan hasil belajar tersebut menggambarkan keberhasilan suatu penelitian. Kata kunci : metode kooperatif tipe teams games tournament, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Jul 2016 14:46
Last Modified: 29 Jul 2016 14:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6967

Actions (login required)

View Item View Item