Gunardi, Hari,205060100 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PARI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (948kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konsep matematis menjadi dasar untuk pembelajaran matematika lanjutan yang lebih kompleks di tingkat yang lebih tinggi lagi, siswa yang mehamahi konsep matematis dengan baik cenderung lebih mampu mengatasi materi yang lebih sulit dan membangun pengetahuan yang lebih mendalam. Kemudian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian model Problem Based Learning (PBL) dengan dibantu oleh media PARI yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran, peningkatan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis, perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan pemahaman konsep dan mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PARI terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk quasi eksperimen dan desain peneltian yang digunakan adalah prietiest-posttiest control groiup diesign. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model konvensional dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hal tersebut dibuktikan oleh uji-t pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang dibuktikan oleh uji effect size sebesar 1,01 dengan interpretasi dalam kategori tinggi. Sehingga peneliti mendapat kesimpulan bahwa terdapatnya pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan media pari terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas iv sekolah dasar. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL) dan Kemampuan pemahaman konsep matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 07:19 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 07:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69668 |
Actions (login required)
View Item |