KEKUATAN MENGIKAT PERJANJIAN ELEKTRONIK DALAM PROGRAM SHOPEE AFFILIATE DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUH PERDATA JO. UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

MAULIDA PUTRI SOPHIA, 191000493 (2024) KEKUATAN MENGIKAT PERJANJIAN ELEKTRONIK DALAM PROGRAM SHOPEE AFFILIATE DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUH PERDATA JO. UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A.COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F.BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.BAB II.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
H.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
I.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
J.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Program Shopee Affiliate sangat berhubungan dengan adanya perjanjian yang dibuat secara elektronik, namun isi perjanjian hanya berbentuk syarat dan ketentuan yang ditetapkan secara sepihak oleh Shopee, artinya perjanjian ini berbentuk perjanjian kerjasama kamitraan secara baku. perjanjian ini belum memenuhi syarat kesepakatan bersama karena dalam syarat dan ketentuan program shopee affiliasi juga menyebutkan bahwa member tidak dapat mengikat shopee secara kontraktual atau membuat pernyataan apapun atas nama perusahaan shopee. Artinya dengan begitu terlihat bahwa perusahaan shopee menetapkan secara sepihak dengan persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pihak member. Oleh kareanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program Shopee Affiliate?, bagaimana akibat hukumnya dan bagaimana upaya yang dapat dilakukan?. Metode yang digunakan adalah dengan spesifikasi deskriptif analitis, yaitu menganalisis dengan menggabungkan peraturan perundangan yang berlaku dikaitkan dengan teori-teori hukum positif. Sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif, yaitu dilakukan berdasarkan pendekatan perundang-undangan dengan menelaah produk legislasi dan regulasi, berdasarkan hierarki dan asas-asas dalam peraturan perundang-undangan yang menyangkut dengan permasalahan yang sedang diteliti. Untuk tahap penelitian yang digunakan adalah melalui penelitian kepustakaan dan lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah yuridis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan kesimpulan bahwa, program Shopee Affiliate tidak mengikat bagi kedua belah pihak dengan tidak terpenuhinya syarat sah suatu perjanjian sesuai yang telah diatur dalam pasal 1320 KUHPerdata ayat (1) dan (2) yaitu kesepakatan dan kecakapan. Akibat hukum yang terjadi ialah dapat dibatalkan karena belum memenuhi kesepakatan dan kecakapan sesuai syarat sahnya perjanjian yang tertuang dalam pasal 1320 KUHPerdata Jo. Undang-undang Nomor .Upaya hukum yang dapat dilakukan adalah Mediasi, Karena mengacu pada isi perjanjian yang menyebutkan bahwa apabila terjadi perselisihan untuk tidak dibawa ke jalur hukum. Kata kunci: Perjanjian Elektronik, Kekuatan Mengikat, Shopee Affiliate

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:04
Last Modified: 30 Aug 2024 03:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69652

Actions (login required)

View Item View Item