PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) di SMK Bina Warga Bandung)

AMALIA EUIS SINTA, 205020073 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) di SMK Bina Warga Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
00. Cover.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CamScanner 26-08-2024 13.13.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. Abstrak.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Bab 1.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
04. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
05. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
06. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (501kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan keaktifan belajar peserta didik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Kahoot pada mata pelajaran konsentrasi keahlian akuntansi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AKL di SMK Bina Warga Bandung, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI AKL 2 sebagai kelas eksperimen dan XI AKL 1 sebagai kelas kontrol. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan instrumen tes, lembar observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan signifikan keaktifan belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan skor pretest 43,28 dan skor posttest 79,03. Kemudian, untuk hasil lembar observasi dengan skor pretest 12,54 dan skor posttest 20,50. Sedangkan, untuk kelas kontrol skor pretest 58,48 dan skor posttest 68,70. Kemudian, untuk hasil observasi dengan skor pretest 16,74 dan skor posttest 16,93. Adapun peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan mean 33,75, lebih tinggi dari peningkatan kelas kontrol yaitu 10,22. Kemudian, peningkatan pada observasi untuk kelas eksperimen yaitu 7,96 dan kelas kontrol yaitu 0,19. Maka, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Kahoot dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada beberapa pihak yang terkait yaitu diharapkan hasil penelitian memberikan gambaran untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Kahoot karena mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TGT, Keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:34
Last Modified: 28 Aug 2024 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69614

Actions (login required)

View Item View Item