NURFITRIANI ANNISA, 205060026 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Kencana Indah 02). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstract.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
10. Abstrak Sunda.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (249kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan numerasi siswa di SDN Kencana Indah 02 Kabupaten Bandung dikarenakan dalam penggunaan model pembelajaran dan media, guru belum terbiasa menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi dan inovatif, sehingga pembelajaran tersebut dirasa kurang efektif. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Kahoot. Metode penelitian ini menggunakan teknik kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes. Tes yang digunakan menggunakan tes pretest dan posttest yang dijadikan data hasil kemampuan numerasi siswa. Objek yang digunakan adalah kelas III-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Kahoot dan kelas III-B sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent Sample T-Test, dan uji effect size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Kahoot. Terdapat perbedaan kemampuan numerasi siswa siswa menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Kahoot dengan siswa menggunakan model konvensional. Hal ini di buktikan dari hasil uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima, maka terdapat perbedaan kemampuan numerasi siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Kahoot dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Kahoot terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III SD. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan effect size dengan menggunakan rumus cohens’d sebesar 1,46, dengan interprestasi ke dalam tingkat pengaruh yang kuat Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Kahoot, Kemampuan Numerasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:49 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69585 |
Actions (login required)
View Item |