PENGKARYAAN EKSISTENSI SENI REAK JUARTA PUTRA DI DESA CINUNUK KECAMATAN CILEUNYI DALAM FOTOGRAFI STORY . Diki Abdullah: 206020018

Diki Abdullah, Harry Reinaldi., M.Pd (2024) PENGKARYAAN EKSISTENSI SENI REAK JUARTA PUTRA DI DESA CINUNUK KECAMATAN CILEUNYI DALAM FOTOGRAFI STORY . Diki Abdullah: 206020018. Skripsi(S1) thesis, Fotografi.

[img] Text
EKSISTENSI SENI REAK JUARTA PUTRA DALAM FOTOGRAFI STORY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Ditengah arus globalisasi, perubahan dalam segala aspek tidak dapat di hindarkan. Beragamnya kesenian modern dan kekinian yang berkembang, turut meleburkan eksistensi kesenian tradisional. Berbagai kesenian tradisional menjadi semakin tidak beken popularitasnya di kalangan masyarakat, terutama generasi penerus atau generasi mudanya yang lebih mengenal kesenian modern jika dibandingkan dengan kesenian tradisional. Namun, melalui riset yang dilakukan, ditemukan bahwa masih ada generasi muda yang peduli terhadap kesenian tradisional. Kelompok seni reak Juarta Putra menjadi salah satu grup yang masih eksis dan aktif mempromosikan seni reak. Kemudian, pengkaryaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya eksistensi seni reak Juarta Putra dengan menggunakan pendekatan fotografi story. Fotografi story digunakan sebagai jenis media untuk menampilkan karya fotografi berbentuk penyajian deskripsi serta disusun dengan unsur visual sebagai variasi visual. Metode kualitatif jenis deskriptif telah digunakan dalam penelitian ini. Pengkarya menggunakan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Wawancara telah dilakukan kepada ketua seni reak Juarta Putra, pemerhati seni reak, dan juga. Observasi mengunakan jenis partisipasi moderat dilakukan di Jln. Ciguruwik Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi. Studi pustaka berupa pengambilan referensi foto, buku, serta internet berupa jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Juarta Putra, eksistensi seni reak diakui dan diterima oleh masyarakat. Juarta Putra bahkan menjadi pionir bagi grup kesenian tradisi lainnya dengan berbagai inovasi dan gerakan yang dipimpin oleh Anggi Nugraha. Upaya ini mencerminkan semangat kaum muda dalam menjaga kelestarian seni tradisi, serta memperkenalkan nuansa modern yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Meskipun menghadapi berbagai stigma negatif, mereka tetap berkomitmen untuk mempertahankan warisan seni reak. Kata kunci: Kesenian tradisional, seni reak, fotografi story, eksistensi, globalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2024
Depositing User: mr FISS-Oman -
Date Deposited: 24 Aug 2024 02:23
Last Modified: 24 Aug 2024 02:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69576

Actions (login required)

View Item View Item