Analisis Manajemen Komunikasi Pemasaran Mengenai Promosi Destinasi Wisata Bagi Wisatawan Mancanegara oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (DISPARBUD)

Putra, Ilham Firmansyah (2024) Analisis Manajemen Komunikasi Pemasaran Mengenai Promosi Destinasi Wisata Bagi Wisatawan Mancanegara oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (DISPARBUD). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab 1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab 2.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Manajemen Komunikasi Pemasaran Mengenai Promosi Destinasi Wisata Bagi Wisatawan Mancanegara oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat dalam mempromosikan destinasi wisata di Jawa Barat lewat akun Instagram @smiling.westjava berdasarkan teori Integrated Marketing Communication dari Kotler dan Keller yaitu mengidentifikasi audiens, menentukan tujuan komunikasi, merangkai pesan, menentukan saluran komunikasi, menentukan jumlah anggaran dan menentukan bauran promosi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pada Mengidentifikasi Audiens, Disparbud mengidentifikasi bahwa kebanyakan adalah dari Wisatawan Domestik, pada Menentukan Tujuan Komunikasi, Disparbud menjadikan fokus utama terhadap pasar domestik, , pada Merangkai Pesan, Disparbud berbanding lurus dengan audiens dan tujuannya, menjadikannya sangat minim pesan wisatawan mancanegara, pada Menentukan Saluran Komunikasi, Disparbud memfokuskan di Instagram untuk program SWJ dan platform lain sebagai media dukungan, pada Menentukan Anggaran, Disparbud menganggarkan untuk promosi Online untuk Ambassador yaitu kerjasama dengan influencer lokal, pada Menentukan Bauran Promosi, Disparbud menggunakan sosial media untuk online dan bekerjasama dengan pemprov atau pengusaha dibidang pariwisata untuk promosi Offline. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Manajemen Komunikasi Pemasaran yang dilakukan oleh Disparbud Jabar untuk mempromosikan destina wisata di Jawa Barat kepada Wisatawan Mancanegara melalui Instagram @smiling.westjava masih sangat kurang dan terlihat secara konten tidak dijadikan prioritas utama. Kata Kunci : Komunikasi, Instagram, Pemasaran, Pariwisata, Mancanegara.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 23 Aug 2024 02:45
Last Modified: 23 Aug 2024 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69571

Actions (login required)

View Item View Item