IMPLEMENTASI HABITUASI TAUSIAH DALAM MEMBANGUN CIVIC RESPONSIBILITY PESERTA DIDIK (Studi Fenomenologi di SMK Negeri 4 Bandung)

FADHILAH MUHAMAD TEGAR, 205010025 (2024) IMPLEMENTASI HABITUASI TAUSIAH DALAM MEMBANGUN CIVIC RESPONSIBILITY PESERTA DIDIK (Studi Fenomenologi di SMK Negeri 4 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Habituasi Tausiah Dalam Membangun Civic Responsibility Peserta Didik (Studi Fenomenologi Di SMK Negeri 4 Kota Bandung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui begaimana implementasi habituasi tausiah dalam perannya membangun karakter tanggung jawab kewarganegaraan para peserta didik. Dengan pendekatan kualitatif dan metode penelitian yang di pakai adalah fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat sekolah di SMK Negeri 4 Kota Bandung. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Proses penyusunan program habituasi tausiah dalam membangun civic responsibility kepada peserta didik berhasil dilakukan secara bertahap. (2) Jenis dan Implementasi habituasi tausiah dalam membangun civic responsibility kepada peserta didik yang terdiri dari lima jenis program yang terdiri dari sholawatan dan pengkondisian, pembacaan Asmaul Husna, pelaksanaan Sholat Duha, tadarus Al-Quran, dan tausiah, Program ini mencapai pembangunan karakter yang diinginkan melalui berbagai mekanisme yang terintegrasi dengan baik. (3) hambatan dalam mengimplementasikan habituasi tausiah dalam membangun civic responsibility peserta didik, bahwa hambatan, baik dalam pembelajaran maupun dalam komunikasi, merupakan hal yang umum terjadi dan memiliki potensi untuk mengganggu efektivitas proses tersebut. Dalam pembelajaran, hambatan dapat berasal dari faktor internal seperti kurangnya dorongan atau kesadaran peserta didik, serta dari faktor eksternal seperti cuaca buruk yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan. (4) upaya dalam mengatasi hambatan habituasi tausiah dalam membangun civic responsibility peserta didik, Upaya tersebut mencakup langkah-langkah internal dan eksternal yang ditujukan untuk meningkatkan efektivitas program tersebut. Kata Kunci: Implementasi, Karakter Tanggung Jawab Kewarganegaraan, Habituasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:31
Last Modified: 22 Aug 2024 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69568

Actions (login required)

View Item View Item