PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA

DININGRUM RUCITA IGA, 205050016 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika berperan penting membentuk dan mengembangkan keterampilan berpikir nalar, logis, sistematis, dan kritis. Mengembangkan kemampuan siswa berpikir kritis selama pembelajaran telah menjadi tujuan pendidikan. Namun, hasil interview dengan guru matematika di kelas X SMAN 18 Bandung, peneliti mendapati bahwa nilai PSAS siswa kurang dari KKM. Sikap percaya diri, motivasi, inisiatif, disiplin, dan tanggung jawab diperlukan bersama dengan keterampilan berpikir kritis matematis. Guru matematika juga menunjukkan kemandirian siswa masih rendah saat belajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) untuk mengetahui apakah kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi berbantuan GeoGebra. Subjek pada penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 18 Bandung dengan sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini soal uraian tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi berbantuan GeoGebra. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemandirian Belajar, Model Problem-Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, GeoGebra.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:57
Last Modified: 09 Aug 2024 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69501

Actions (login required)

View Item View Item