PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Anggraeni Mila, 205060102 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover_Mila Anggraeni.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Pembimbing & Penguji_Mila Anggraeni.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak_Mila Anggraeni.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I_Mila Anggraeni.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II_Mila Anggraeni.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III_Mila Anggraeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
12. BAB IV_Mila Anggraeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V_Mila Anggraeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka_Mila Anggraeni.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik belum optimal terutama dalam pembelajaran matematika, hal ini disebabkan karena beberapa peserta didik beranggapan bahwa pembelajaran matematika itu sulit dan tidak menyenangkan, selain itu proses pembelajaran yang hanya berpusat kepada guru saja dengan penggunaan model pembelajaran yang kurang maksimal sehingga menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pelaksanaan pembelajaran, apakah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik, apakah terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik, dan seberapa besar pengaruh dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi wordwall dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control grup design. Sampel dari penelitian ini menggunakan tekhnik purposive sampling yaitu peserta didik kelas V-B dan V-D SDN 009 Cikadut yang masingmasing berjumlah 24 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, serta non tes yang terdiri observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji N-gain, dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol berjalan dengan baik dan lancar, nilai rata-rata eksperimen yaitu 84,58 dan nilai rata-rata kelas konvensional yaitu 64,58. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik sangatlah berpangaruh, terlihat dari hasil uji N-gain yang telah dilakukan yaitu sebesar 0,60 atau 60% yang mana dapat dikategorikan sedang. Data lain terlihat dari hasil uji effect size yang telah dilakukan, nilai uji effect size mencapai 2,665 dan termasuk ke dalam kategori efek yang tinggi. Dari data yang telah diperoleh tersebut maka model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Kata kunci: Model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:59
Last Modified: 01 Aug 2024 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69445

Actions (login required)

View Item View Item