Rekondisi Material Baja Karbon Rendah dengan Logam Pengisi Tembaga Menggunakan Metode Penuangan (Reconditioning Low Carbon Steel Material with Copper Filler Metal Using the Casting Method)

Syarif Hidayatuloh, Rizqi and MUKI SATYA PERMANA, DS and prayitno, Djoko H. (2024) Rekondisi Material Baja Karbon Rendah dengan Logam Pengisi Tembaga Menggunakan Metode Penuangan (Reconditioning Low Carbon Steel Material with Copper Filler Metal Using the Casting Method). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rizqi Syarif Hidayatuloh_163030054_Teknik Mesin.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Rekondisi material baja karbon rendah menggunakan metode penuangan untuk merekondisi cacat permukaan. Rekondisi ini dilakukan dengan cara melebur logam pengisi pada temperatur 2000°- 2800°C, kemudian dilakukan proses Pre heat pada base metal yang bertujuan untuk mengeluarkan oksida besi ke permukaan pada temperatur 670° -870°C. Terdapat tiga bentuk spesimen dengan permukaan 45°, 90°, dan radius 1 mm berdiameter spesimen 45 mm dan tebal 3 mm serta diameter penuangan 20 mm dengan kedalaman 1 mm. Keunggulan dari rekondisi ini adalah prosesnya yang cepat dan logam pengisi langsung memenuhi cacat permukaan pada base metal. Penelitian ini meliputi pengujian serta pengamatan struktur mikro, uji SEM/EDS, dan kekerasan Micro Vickers. Hasil daripengujian struktur mikro pada spesimen 90° menggunakan temperatur logampengisi 2000°C terdapat satu titik cacat pada sudut penyambungan akibat udara yang terperangkap pada saat penuangan. Pada spesimen radius 1 mm gelembung dapat diminimalisir karena temperatur peleburan menggunakan 2400°C, sehingga pada sambungan keseluruhan dapat dikatakan berhasil. Sedangkan pada spesimen 45° menggunakan temperatur logam pengisi 2800°C terdapat cacat pada logam pengisi akibat over heat sehingga menimbulkan gelembung pada logam pengisi pada saat penuangan berlangsung. Pengamatan dan pengujian SEM-EDS dilakukan hanya pada spesimen 90° sebagai sampel spesimen. Hasil dari EDS menunjukan penyambungan berhasil karena nilai dari oksida yang terbaca sangat kecil serta foto SEM pada bagian Interface tidak terdapat cacat sehingga dengan dapat dikatakan sempurna. Pengujian Micro Vickers dilakukan pada setiap spesimen, dan masing-masing spesimen diberi enam titik indentasi dengan beban 1 kg dalam durasi penekanan 15 detik. Hasil daripengujian Micro Vickers tidak berbeda jauh dengan nilai kekerasan baja karbon rendah dan logam pengisitembaga. Kata kunci: Rekondisi material baja karbon rendah, metode rekondisi baru, perbandingan variasi temperatur logampengisi, pengujian spesimen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:37
Last Modified: 30 Jul 2024 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69426

Actions (login required)

View Item View Item