SAKILA KAYLA, 205050053 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (902kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (627kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Pemilihan model pembelajaran yang tidak sesuai dapat menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif dan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi dalam penggunaan model dan media pembelajaran di sekolah guna meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Problem-Based Learning dengan bantuan Wordwall. Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem-based Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) mengetahui Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Wordwall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Telkom Bandung tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 2 kelas yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; 2) Pencapaian self-efficacy yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self-efficacy yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning dengan koefisien korelasi dari sample r = 0,974 yang artinya korelasi berada dalam kategori tinggi . Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy, Problem-Based Learning, dan Wordwall.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:31 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 06:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69410 |
Actions (login required)
View Item |