PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN (Survey Pada Siswa di SMA PGRI I Bandung) SKRIPSI

NURYANTI, MAUDI (2024) PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN (Survey Pada Siswa di SMA PGRI I Bandung) SKRIPSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover Maudi Nuryanti.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan-2.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Penguji.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak-2.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 Maudi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 maudi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
bab 3 maudi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] Text
bab 4 maudi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
bab 5 maudi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka maudi.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) pengaruh tingkat literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan (ii) pengaruh gaya hidup terhadap perilaku pengelolaan keuangan (iii) pengaruh tingkat literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku pengelolaan keuangan pada siswa SMA PGRI 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan jumlah sampel sebanyak 217 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) adanya pengaruh yang sgnifikan pada variabel tingkat literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan perhitungan thitung 3,632 > ttabel 1,971. tingkat literasi keuangan siswa berada pada tingkat “Suff Literate”, adapun klasifikasi literasi keuangan siswa “rendah" dengan nilai rata-rata 49,45. (ii) vaibael gaya hidup tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan thitung 0,448 < ttabel 1,971. Gaya hidup berada dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 2,622. Adapun jenis gaya hidup yang dimiliki siswa ialah self oriented lifestyle (iii) Tingkat literasi keuangan dan gaya hidup secara parsial berpengaruh positif sebesar 5,784% dan 0,036%, secara simultan kontribusi berpengaruh sebesar 58,2% terhadap perilaku pengelolaan keuangan siswa dengan hasil perhitungan R square sebesar 0,582. Sebagai akhir penelitian peneliti menyampaikan saran: (i) Bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman mengenai keuangan secara umum untuk menghindari permasalahan keuangan dikemudian hari, (ii) Bagi guru diharapkan melakukan kegiatan pendampingan serta pemberian materi tambahan mengenai pentingnya literasi keuangan, penetapan gaya hidup yang baik dan cara mengelola keuangan (iii) Bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain seperti uang saku, lingkungan keluarga, dan peran orang tua yang mungkin berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan siswa. Kata Kunci: Tingkat Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Perilaku Pengelolaan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:05
Last Modified: 26 Jul 2024 06:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69387

Actions (login required)

View Item View Item