PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT DI SEKITAR PERRUMAHAN PRIMANTI GRIYA SEDAYU KABUPATEN SUBANG AKIBAT KERUSAKAN SERAPAN AIR BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

RAKA DWINANDA MAHARDIKA, 171000206 (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT DI SEKITAR PERRUMAHAN PRIMANTI GRIYA SEDAYU KABUPATEN SUBANG AKIBAT KERUSAKAN SERAPAN AIR BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB 1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. BAB 2.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
I. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
J. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
K. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Sebagai negara agraris, tanah merupakan lahan penghidupan bagi tiap – tiap orang untuk mencapai kemakmuran di berbagai bidang, selain itu tanah juga merupakan modal dasar dalam pembangunan suatu bangsa dan manfaatnya harus dapat diusahakan dengan sebaik – baiknya. Sesuai dengan perkembangan zaman pesatnya proses pembangunan di Indonesia bukan saja memaksa harga tanah di berbagai tempat akan naik, tetapi juga telah menciptakan fenomena tanah sebagai ‘’komoditi ekonomi’’ yang mempunyai nilai sangat tinggi. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini ialah Bagaimana dampak pembangunan perumahan, Bagaimana perlindungan hukum di perumahan akibat kerusakan daerah serapan air dikaitkan dengan Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2009, dan Bagaimana upaya penyelesaian dari permasalahan pembangunan perumahan Primanti Griya Sedayu di Kab. Subang antara masyarakat sekitar, pengusaha perumahan, dan pemerintah daerah. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskripsif-analistis yakni menganalisa permasalahan yang ada melalui data yang sudah dikumpulkan kemudian diolah serta disusun berlandaskan teori dan konsep yang digunakan. Metode pendekatan yang digunakan yuridis-normatif ialah penelitian difokuskan untuk mengkaji penerapan norma dan hukum positif. Tahap penelitian yang digunakan ialah Penelitian Kepustakaan dan Penelitian Lapangan. Teknik pengumpulan data yakni berupa studi dokumen dan wawancara. Alat pengumpulan data terdiri dari alat pengumpulan data secara yuridis-kualitatif yang berpusat dari peraturan bahan hukum utama Undang - Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup kemudian dianalisis dengan didasari pada usaha penemuan asas dan informasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perlindungan hukum terhadap masyarakat yang mengalami kerugian yang disebabkan oleh pelaku usaha perumahan Primanti Griya Sedayu dengan memberikan nya ganti rugi berupa pemberian uang. Dalam hal ini pihak pengusaha perumahan. Hal ini tidak sesuai dengan pasal 1 ayat (3) Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Selanjutnya upaya penyelesaian dalam hal ini pihak pengusaha melakukan proses negosiasi/mediasi dengan masyarakat dengan tujuan melakukan tanggung jawab yang terkena dampak rusaknya serapan air. Dan juga pihak perumahan seharusnya melakukan Revitalisasi fungsi dan/atau Refungsional terhadap daerah serapan air. Kata kunci : Perlindungan Hukum, Ganti Rugi, Kepentingan Umum.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:38
Last Modified: 25 Jul 2024 04:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69378

Actions (login required)

View Item View Item