PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WEBSITE (Penelitian pada Dinas Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Ciamis)

FAUZAN, LUKMAN (2024) PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WEBSITE (Penelitian pada Dinas Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Ciamis). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL LUKMAN FAUZAN.docx

Download (202kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa zaman menjadi lebih maju diberbagai bidang. Pergeseran dari traditional government menjadi electronic government merupakan perubahan yang signifikan terjadi akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada awalnya, sebelum beralih ke e-Government dalam pengurusan administrasi maupun pelayanan publik lainnya masih menggunakan traditional government yang di anggap masih memiliki batasan-batasan dalam penggunaannya. Traditional government belum mampu memenuhi secara maksimal keinginan dari masyarakat, dan dalam penggunaan nya masih memerlukan waktu yang lebih lama ketimbang e-Government, sehingga pergeseran yang terjadi akan sangat membantu dalam peningkatan pelayanan publik serta hambatan-hambatan yang sebelum menggunakan e-governmentakan menjadi lebih berkurang. Objek penelitian ini adalah Dinas Komunikasi dan informatika Kab. Ciamis. Dalam penelitian ini, penyusun menggunakan teknik bola salju atau yang sering dikenal dengan Snowball Sampling. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah berdasarkan pada asas subyek yang menguasai permasalahan, memiliki data, dan bersedia memberikan imformasi lengkap dan akurat. Sejauh ini Dinas Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Ciamis sudah menerapkan dengan baik dan didukung dengan infrastruktur yang memadai terkait dengan sarana dan prasarana penunjang dalam meningkatkan pelayanan publik berbasis e-government. Respon masyarakat sudah baik dalam hal penerapan e-government di lingkungan Dinas Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Ciamis namun demikian perlu adanya edukasi yang dilakukan secara terus menerus sehingga mampu memberikan dampak positif agar masyarakat memahami bahwa layanan yang berbasis e-government dapat digunakan oleh masyarakat lebih luas. Kata Kunci : e-Government, Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:22
Last Modified: 25 Jul 2024 04:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69376

Actions (login required)

View Item View Item