PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMPETENSI LULUSAN (Survey pada SMK Negeri Se-Bandung Raya)

Dudi Solahuddin, Mohamad (2024) PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMPETENSI LULUSAN (Survey pada SMK Negeri Se-Bandung Raya). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Dudi rev.doc

Download (521kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah (X1), Budaya Sekolah (X2), dan Komitmen (X3), Terhadap Kinerja Guru (Y) serta implikasinya pada Kompetensi Lulusan SMK Negeri Se-Bandung Raya (Z). baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menjelaskan hubungan kausal (sebab-akibat) antar variabel dan menguji hipotesis penelitian. Teknik penentuan data dilakukan dengan Teknik probability sampling dengan proportional clusters stratified random sampling dengan cara menentukan cluster terlebih dahulu dan besarnya sampel ditetapkan sebesar 351 ASN Guru SMK Negeri Se-Bandung Raya (responden). Metode analisis menggunakan SEM (Structure Equation Modelling). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Komitmen terhadap Kinerja Guru sebesar 62,4 %. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial, baik secara langsung maupun tidak langsung dari masing-masing variabel Kompetensi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru .(18,93 %), Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru.(21,45 %), dan Komitmen terhadap Kinerja Guru (22,07 %),.Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Kinerja Guru terhadap Kompetensi Lulusan 88,55 %. Kata kunci: Kompetensi Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Komitmen, Kinerja Guru dan Kompetensi Lulusan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:38
Last Modified: 15 Jul 2024 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69291

Actions (login required)

View Item View Item