STRATEGI KOMUNIKASI JABAR BERGERAK ZILLENIAL MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JBZ_KABBANDUNG

Islami, Fauziyyah Dwi Nurul (2024) STRATEGI KOMUNIKASI JABAR BERGERAK ZILLENIAL MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JBZ_KABBANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi- Fauziyyah Dwi Nurul Islami.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar Skripsi- Fauziyyah Dwi Nurul Islami.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi- Fauziyyah Dwi Nurul Islami.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi Skripsi- Fauziyyah Dwi Nurul Islami.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan Skripsi- Fauziyyah Dwi Nurul Islami.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi- Fauziyyah Dwi Nurul Islami.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi- Fauziyyah Dwi Nurul Islami.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Skripsi- Fauziyyah Dwi Nurul Islami.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Jabar Bergerak Zillenial Kabupaten Bandung melalui akun media sosial Instagram @jbz_kabbandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh organisasi non pemerintahan Jabar Bergerak Zillenial Kabupaten Bandung untuk menarik partisipasi gen z dalam aksi kemanusiaan. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan teori Strategi Komunikasi Lima Langkah oleh Hafied Cangara 2014, meliputi tahap penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan pelaporan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah organisasi non pemerintah Jabar Bergerak Zillenial melekukan strategi komunikasi meliputi tahap penelitian dilakukan dengan analisis tren melalui media sosial TikTok dan analisis jam keaktifan pengikut melalui insight Instagram. Pada tahap perencanaan pemilihan komunikator dilakukan secara random sesuai ketersediaan anggota, target sasaran yang ditetapkan adalah orang yang berusia 17-24 tahun untuk informasi menenai rekruitmen anggota dan relawan dan semua kalangan untuk informasi lainnya. Penyusuan pesan dilakukan dengan menyebarkan informasi melalui media sosial Instagram dan dimuat dalam bentuk pesan persuasif, informatif, dan edukatif dengan menggunakan #KamiMudaSiapAksi pada setiap pesan yang disusun. Media sosial Instagram dipilih karena dapat menjangkau target sasaran yaitu gen z. Pada tahap pengukuran dilakukan dengan cara menghitung insight Instagram secara berkala dan menghitung jumlah partisipan pada setiap kegiatan yang dilaksanakan. Tahap pelaporan dilakukan pada setiap rapat rutin dan pada akhir periode kepengurusan untuk dijadikan bahan evaluasi. Kata kunci : Strategi Komunikasi, Gen Z, Instagram, Organisasi, Jabar Bergerak Zillenial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:02
Last Modified: 09 Jul 2024 04:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69261

Actions (login required)

View Item View Item