PENGARUH KOMUNIKASI INTRAPERSONAL TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 2 CIANJUR

Reza Fauzian, Muhammad (2024) PENGARUH KOMUNIKASI INTRAPERSONAL TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 2 CIANJUR. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Naskah Jurnal Tesis.docx

Download (95kB)

Abstract

Kecerdasan Emosional merupakan salah satu potensi yang dimiliki oleh setiap manusia. Banyaknya kasus yang terjadi di lapangan terutama di lingkungan anak usia sekolah baik dasar ataupun menengah terkait perundungan serta masalah sosial lainnya tidak terlepas dari rendahnya orang dalam melakukan perenungan atau pengaturan diri. Menurut teori Pengolahan Informasi yang dikembangkan oleh Robert M Gagne mengasumsikan bahwa belajar melibatkan siswa memproses pengetahuan secara internal, memperoleh, menyimpan dalam memori baik itu jangka pendek, dan jangka panjang atau biasa disebut short term memory dan long term memory. Berdasarkan teori tersebut, penelitian kali ini mencoba menggali tentang pengaruh komunikasi intrapersonal terhadap kecerdasan emosional siswa yang berada di SMA Negeri 2 Cianjur. Hasil yang didapatkan sangat signifikan bahwa komunikasi intrapersonal berpengaruh sebesar 82.8% terhadap kecerdasan emosional siswa di sekolah tersebut. Oleh karena itu, pengaturan diri untuk hidup dengan orang lain sangat dipengaruhi oleh komunikasi intrapribadi seseorang terutama siswa dalam bergaul dengan sesama.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:11
Last Modified: 04 Jul 2024 08:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69244

Actions (login required)

View Item View Item