PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Quasi Eksperiment di Kelas IV SD Negeri 2 Cibogo)

ALGHIFARY DINDA AQMALIA, 205060069 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Quasi Eksperiment di Kelas IV SD Negeri 2 Cibogo). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar matematika, serta untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan dan keadaan peserta didik yang kurang aktif sehingga hasil belajar peserta didik rendah serta model Project Based Learning (PjBL) belum diterapkan dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik, berpikir kritis, sistematis dan memberikan pembelajaran yang lebih bermakna sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Cibogo yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masing-masing kelas sampel penelitian dengan soal yang sama. Instrumen penelitian telah memenuhi kriteria yang baik melalui uji coba. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan sangat baik. Kemudian dari data hasil tes yang telah didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji Independent Samples Test dengan Software IBM SPSS 27 for Window, didapat hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar (<0,001) < 0,05. Dilakukan pula uji effect size didapatkan hasil sebesar 1,26 dengan interpretasi dalam kategori besar. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Kahoot lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan efektivitas model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik berkategori besar. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Project Based Learning (PjBL), Kahoot.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:50
Last Modified: 04 Jul 2024 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69242

Actions (login required)

View Item View Item