Strategi Komunikasi Guru dalam Menyampaikan Pendidikan Kesehatan Reproduksi bagi Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Teachers' Communication Strategies in Delivering Reproductive Health Education to Junior High School Students

Nita Pohan, Mawar (2024) Strategi Komunikasi Guru dalam Menyampaikan Pendidikan Kesehatan Reproduksi bagi Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Teachers' Communication Strategies in Delivering Reproductive Health Education to Junior High School Students. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Naskah Artikel_Mawar Nita Pohan_208080007.docx

Download (24kB)

Abstract

Pendidikan kesehatan reproduksi penting untuk membantu remaja meningkatkan pengetahuan, membangun nilai dan sikap positif serta mengembangkan keterampilan terkait kesehatan reproduksi. Guru memegang peranan krusial untuk memastikan tujuan pendidikan dapat tercapai melalui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi komunikasi yang digunakan guru dalam menyampaikan pendidikan kesehatan reproduksi bagi peserta didik SMP. Dan bagaimana strategi tersebut berdampak pada pencapaian tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Wawancara dilakukan pada 6 orang guru yang menerapkan pendidikan kesehatan reproduksi di satuan pendidikannya. Guru melakukan strategi komunikasi pada Langkah mengenal khalayak, menyusun pesan, menentukan metode dan menggunakan media. Strategi komunikasi yang efektif meningkatkan minat belajar dan pencapaian tujuan pembelajaran adalah metode dan media yang menjadikan peserta didik sebagai pusat (learner-center approach).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:58
Last Modified: 26 Jun 2024 08:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69189

Actions (login required)

View Item View Item