FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA MAHASISWA GENERASI Z UNPAR AMBASSADOR

Melinda, Tria (2024) FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA MAHASISWA GENERASI Z UNPAR AMBASSADOR. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Naskah Artikel Jurnal Tesis - Tria Melinda - MIK - 228080013.pdf

Download (160kB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat juga dinamis melalui media sosial memberikan pengalaman serta dampak tersendiri bagi kehidupan manusia terkhususnya pada Generasi Z. Kelompok masyarakat yang tumbuh dan dibesarkan dalam era digitalisasi dimana mudahnya akses pada teknologi digital dan media sosial disebut dengan Generasi Z. Sebagai hasilnya, generasi ini memiliki karakteristik unik yang mempengaruhi bagaimana mereka berinteraksi dengan media sosial. Banyaknya dampak yang dirasakan yaitu salah satunya perilaku yang cenderung takut akan tertinggal dari individu lainnya yang menghasilkan kecemasan atau kegelisahan terhadap sesuatu disebut dengan Fear of Missing Out (FoMO). Dampak dari fenomena FoMO ini bisa membentuk konsep diri terhadap Generasi Z yang ada di dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan fenomena Fear of Missing Out (FoMO) di kalangan mahasiswa generasi Z UNPAR Ambassador dan dampaknya terhadap konsep diri yang positif atau negatif. Penelitian ini berfokuskan pada metode penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif dengan pedekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakupi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa informan sadar akan adanya fenomena FoMO ini namun dampak negatif dari FoMO membuat pula negatif dari segi konsep diri individu. Kata Kunci: Fear of Missing Out (FoMO), Generasi Z, Konsep Diri.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:33
Last Modified: 26 Jun 2024 08:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69186

Actions (login required)

View Item View Item