PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PASIEN (Suatu Survey Pada Pasien di Klinik Gigi Cikondang Kota Bandung)

Tirakat, Sangga (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PASIEN (Suatu Survey Pada Pasien di Klinik Gigi Cikondang Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Sangga Tirakat_MM.doc

Download (592kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengkaji, dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan serta implikasinya pada loyalitas pasien di Klinik Gigi Cikondang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan responden yang diambil 100 pasien. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2024. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum persepsi pasien di Klinik Gigi Cikondang tentang kualitas pelayanan, kepuasan pasien, dan loyalitas pasien kurang baik. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun simultan. Kepuasan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien. Perlu adanya pembenahan dalam hal waktu pelayanan untuk meminimalkan waktu tunggu pasien. Pihak Klinik Gigi Cikondang harus melakukan service recovery terhadap keluhan atau komplain pasien dengan cepat, sehingga tidak menimbulkan kemarahan dari pasien, untuk menangani keluhan pasien dengan cepat Klinik bisa membentuk program customer care. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:45
Last Modified: 24 Jun 2024 08:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69134

Actions (login required)

View Item View Item