PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KETERIKATAN PEGAWAI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI RIAU

Mr, YUSRIADI (2024) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KETERIKATAN PEGAWAI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI RIAU. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DISERTASI YUSRIADI DIM 189010081.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya organisasi, motivasi dan kompetensi terhadap keterikatan pegawai serta implikasinya pada kinerja pegawai sekretariat DPRD Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Subjek penelitian ini adalah pegawai sekretariat DPRD di 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dengan populasi sebanyak 589 orang, dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 239 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis structural equation model (SEM ). Hasil penelitian ini menunjukkan budaya budaya organisasi, motivasi dan kompetensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan pegawai kemudian keterikatan pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Temuan penelitian ini menunjukkan pentingnya budaya organisasi, motivasi dan kompetensi dalam menciptakan keterikatan pegawai sehingga dapat mewujudkan dan meningkatkan kinerja pegawai sekretariat DPRD Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Riau memperhatikan faktor-faktor tersebut dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia terutama pegawai sekretariat DPRD guna meningkatkan kinerja aparatur sipil negara (ASN) di daerah. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keterikatan pegawai dan kinerja pegawai. Kata Kunci: Budaya Organisasi, Motivasi, Kompetensi, Keterikatan Pegawai dan Kinerja.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:40
Last Modified: 24 Jun 2024 08:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69133

Actions (login required)

View Item View Item