PENGARUH SERVANT LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PASUNDAN KOTA BANDUNG DAN CIMAHI

RAHAYU, KURNIAWATI (2024) PENGARUH SERVANT LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PASUNDAN KOTA BANDUNG DAN CIMAHI. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA.docx

Download (229kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Servant Leadership Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SMK Pasundan Kota Bandung dan Cimahi dan seberapa besar pengaruh Servant Leadership Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Populasi dalam penelitian ini adalah mengambil seluruh guru SMK Pasundan 1, SMK Pasundan 4 Kota Bandung, SMK Pasundan 1 Cimahi dan SMK Pasundan 3 Cimahi, sebanyak 165 orang, sedangkan sampel di ambil dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 117 orang yang di ambil secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan metode angket. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase, analisis statistik regresi berganda dan uji instrumen terdiri dari uji validitas data, uji reliabilitas, Uji Heteroskedasitisitas, Uji autokorelasi, uji normalitas data, uji kelayakan model regresi, Uji T dan Koefesien determinasi. Servant Leadership Kepala Sekolah berpengaruh positif signifikan dalam meningkatkan Kinerja Guru SMK Pasundan Kota Bandung dan Cimahi hal ini ditunjukkan dari nilai thitung untuk b1 diperoleh adalah sebesar 2,373 sedangkan ttabel dengan derajat kebebasan 39 pada taraf signifikansi (α) 0,05 adalah sebesar 1.981. Dengan demikian t hitung (52,373>1,981 > ttabel (1,684), hal ini menunjukkan bahwa Servant Leadership Kepala Sekolah dapat meningkatkan Kinerja Guru SMK Pasundan Kota Bandung dan Cimahi Nilai thitung untuk b 2 (Kompetensi Guru) sebesar, 7,044.sedangkan ttabel dengan derajat kebebasan 39 pada signifikansi (α) 0,05 adalah 1,691. Dengan demikian t hitung (7,044.> ttabel (1,691), Hal ini menunjukkan bahwa Kompetensi Guru dapat meningkatkan Kinerja Guru SMK Pasundan Kota Bandung dan Cimahi Kontribusi secara bersama-sama (simultan) variable X1 dan X2 terhadap (Y) = 25,005 %, sedangkan sisanya di pengaruhi oleh variable lain. Kemudian besar kecilnya atau naik turunnya Kinerja Guru SMK Pasundan Kota Bandung dan Cimahi dapat di prediksi melalui persamaan Ŷ = 15,945 + 0,021 X1 + 0.416 X2 Besarnya koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,805. Hal ini menunjukkan bahwa 80.05 % keragaman variable Kinerja Guru SMK Pasundan Kota Bandung dan Cimahi disebabkan oleh perbedaan keragaman Variabel Servant Leadership Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru, sisanya sebanyak 32,3% ditentukan oleh factor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : korelasi ganda, koefisien determinasi, SMK Pasundan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:39
Last Modified: 21 Jun 2024 02:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69104

Actions (login required)

View Item View Item