PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA MIGRAN INDONESIA ILEGAL DI LUAR NEGRI KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG DALAM PERSPEKTIF UNDANG UNDANG KETENAGAKERJAAN

Tanri Fatullah, Aden (2024) PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA MIGRAN INDONESIA ILEGAL DI LUAR NEGRI KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG DALAM PERSPEKTIF UNDANG UNDANG KETENAGAKERJAAN. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
jurnal Tesis Aden-1.docx

Download (46kB)

Abstract

Pemerintah telah menerbitkan peraturan perundang-undangan mengenai perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Namun banyaknya PMI yang berada di luar negeri mengakibatkan banyak permasalahan yang dihadapi oleh PMI. Dalam skripsi ini yang menjadi permasalahan adalah bagaimana perlindungan Pekerja Migran Indonesia menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 dan bagaimana upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan hukum terhadap Pekerja Migran Indonesia. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan, yaitu berupa pengumpulan data dan penggaliannya berdasarkan literatur seperti buku, media cetak, media elektronik, media internet dan lain-lain. Data diperoleh dari bahan hukum terkait. dengan perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Hasil penelitian dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Perlindungan Pekerja Migran Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017, perlindungan Pekerja Migran Indonesia adalah segala upaya untuk melindungi kepentingan calon Pekerja Migran Indonesia dan/atau Pekerja Migran Indonesia beserta keluarganya dalam mewujudkan terjaminnya pemenuhan hak-haknya dalam segala aktivitas sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja dalam aspek hukum, ekonomi, dan sosial. Upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan hukum terhadap Pekerja Migran Indonesia selama ini dapat dilihat dalam bentuk peraturan perundang-undangan yang diterbitkan sebagai jawaban atas kebutuhan Pekerja Migran Indonesia. Indikator kondisi perlindungan Pekerja Migran Indonesia setidaknya dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu pra penempatan, penempatan, dan pasca penempatan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 15 Jun 2024 07:37
Last Modified: 15 Jun 2024 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69096

Actions (login required)

View Item View Item