PENGARUH PERILAKU GENDER DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP PERTIMBANGAN AUDITOR PROFESSIONAL JUDGEMENT (Survey pada Auditor yang Bekerja di Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia)

Aspriyanti Pradipta, 194020215 and Dr. Hj. Liza Laila Nurwulan,SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2024) PENGARUH PERILAKU GENDER DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP PERTIMBANGAN AUDITOR PROFESSIONAL JUDGEMENT (Survey pada Auditor yang Bekerja di Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img] Text
COVER SKRIPSI ASPRIYANTI PRADIPTA.pdf

Download (65kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS INDO ASPRIYANTI PRADIPTA.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB 1 ASPRIYANTI PRADIPTA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II ASPRIYANTI PRADIPTA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB III ASPRIYANTI PRADIPTA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini, kebutuhan terhadap jasa auditor sebagai pihak yang dianggap independen sudah tidak dapat dipungkiri lagi, karena jasa tersebut menjadi kebutuhan bagi para pengguna laporan keuangan untuk pengambilan suatu keputusan. Seorang auditor yang melakukan kegiatan pengauditan tersebut bekerja bukan hanya untuk kepentingan klien semata, tetapi juga untuk para pihak lainnya yang menggunakan laporan audit tersebut. Sehingga, tentunya seorang auditor harus berkompeten serta memiliki pengalaman yang cukup agar dapat mempertahankan kepercayaan klien dan para pengguna keuangan tersebut. Perilaku gender auditor dalam proses audit dianggap menjadi salah satu faktor level individu yang turut mempengaruhi audit judgement. Pemberian judgement oleh seorang auditor laki-laki dapat berbeda dengan auditor perempuan, mengingat adanya perbedaan secara psikologis. Pengalaman juga dinilai memiliki manfaat atau pengaruh yang besar terhadap penilaian kinerja auditor, serta pengalaman yang dimiliki seorang auditor dapat mempengaruhi judgement yang dibuatnya. Pengalaman audit adalah pengalaman yang dimiliki oleh seorang auditor dalam melakukan audit atas laporan keuangan suatu entitas. Auditor Professional Judgement merupakan kebijakan auditor dalam menentukan pendapat mengenai hasil auditnya secara professional yang mengacu pada penentuan suatu gagasan, pendapat atau perkiraan tentang suatu objek, status atau peristiwa lainnya dan judgment merupakan cara pandang auditor dalam menanggapi semua informasi yang berhubungan dengan tanggung jawab dan risiko audit yang dihadapi oleh auditor. Mengingat betapa pentingnya judgment yang harus ada di setiap tahap-tahap audit, maka sudah semestinya auditor senantiasa mengasah judgment mereka. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh perilaku gender dan pengalaman auditor terhadap Auditor Professional Judgement. Kata Kunci : Gender, Perilaku Gender, Pengalaman Auditor, Auditor Professional Judgement

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 27 Apr 2024 02:08
Last Modified: 27 Apr 2024 02:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68946

Actions (login required)

View Item View Item