UPAYA UNITED NATIONS DEVELOPMENT PROGRAMME (UNDP) DALAM MENDUKUNG PARTISIPASI PEREMPUAN PADA BIDANG ENERGI TERBARUKAN UNTUK MENCAPAI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DI INDONESIA

Valentina, Febby Ghasca (2024) UPAYA UNITED NATIONS DEVELOPMENT PROGRAMME (UNDP) DALAM MENDUKUNG PARTISIPASI PEREMPUAN PADA BIDANG ENERGI TERBARUKAN UNTUK MENCAPAI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
9. Kata Pengantar.pdf

Download (257kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (203kB)
[img] Text
7. Abstrak Inggris.pdf

Download (220kB)
[img] Text
6. Abstrak Indonesia.pdf

Download (199kB)
[img] Text
8. Abstrak Sunda.pdf

Download (239kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (186kB)
[img] Text
11. Daftar Isi.pdf

Download (200kB)
[img] Text
19. Referensi.pdf

Download (209kB)
[img] Text
15. Bab 2.pdf

Download (344kB)
[img] Text
14. Bab 1.pdf

Download (264kB)

Abstract

Topik yang dikaji dalam penelitian berikut adalah bagaimana upaya United Nations Development Programme (UNDP) dalam mendukung partisipasi perempuan pada bidang energi terbarukan melalui aktor negara dan aktor non negara untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) poin 5 di Indonesia. SDGs merupakan program pembangunan berkelanjutan yang disusun oleh negara-negara anggota PBB termasuk Indonesia di dalamnya pada tahun 2015. SDGs terdiri dari 17 Poin yang memiliki tujuan untuk mencapai kesejahteraan dan perdamaian bagi semua orang dengan mengakhiri kemiskinan, dan memastikan kesetaraan bagi semua hingga 2030. Partisipasi perempuan pada bidang energi terbarukan di Indonesia sangat penting bagi pembangunan berkelanjutan. Keterlibatan perempuan dapat mendorong inovasi baru dalam pengembangan industri energi terbarukan. Memperkuat partisipasi perempuan dalam industri energi terbarukan dapat mencapai SDGs poin 5 yaitu kesetaraan gender di Indonesia. Dengan mendukung partisipasi perempuan melalui aktor negara dan non negara pada bidang energi terbarukan dapat memanfaatkan potensi sumber daya manusia untuk mencapai tujuan berkelanjutan energi yang lebih besar dan mendukung pembangunan yang inklusif. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori Feminisme Liberal, Global Governance, dan energi terbarukan. Penulis mencoba menganalisis upaya UNDP dalam mendukung partisipasi perempuan pada bidang energi terbarukan untuk mencapai SDGs poin 5 di Indonesia. Penulis menggunakan desain penelitian kualitatif yang didukung dengan library research dalam teknik pengumpulan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya UNDP dalam mencapai SDGs poin 5 pada bidang energi terbarukan, untuk mengetahui kondisi partisipasi perempuan pada bidang energi terbarukan di Indonesia dengan melihat keterlibatan pemerintah melalui Proyek Market Transformation for Renewable Energy and Energy Efficiency (MTRE3) dan keterlibatan Girls and Women in Renewable Energy Academy (GAWIREA) melalui Proyek Rumah Wani Yinio, dan juga untuk mengetahui capaian dan hambatan upaya UNDP dalam mendukung partisipasi perempuan pada bidang energi terbarukan untuk mencapai SDGs poin 5 di Indonesia. Kata Kunci: UNDP, SDGs, Partisipasi perempuan, Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:49
Last Modified: 24 Apr 2024 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68896

Actions (login required)

View Item View Item