STRATEGI PENGEMBANGAN KAPASITAS ORGANISASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI LINGKUNGAN YAYASAN PENDIDIKAN DASAR MENENGAH PASUNDAN SE-BANDUNG RAYA ORGANIZATIONAL CAPACITY BUILDING STRATEGY IMPLEMENTING EDUCATION JUNIOR HIGH SCHOOLS IN EDUCATION FOUNDATIONS PASUNDAN MIDDLE BASIC BANDUNG HIGHWAY

Mr, SAHIDIN (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN KAPASITAS ORGANISASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI LINGKUNGAN YAYASAN PENDIDIKAN DASAR MENENGAH PASUNDAN SE-BANDUNG RAYA ORGANIZATIONAL CAPACITY BUILDING STRATEGY IMPLEMENTING EDUCATION JUNIOR HIGH SCHOOLS IN EDUCATION FOUNDATIONS PASUNDAN MIDDLE BASIC BANDUNG HIGHWAY. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel_Sahidin.docx

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini, yaitu pada persoalan “Strategi Pengembangan Kapasitas Organisasi Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Di Lingkungan Yayasan Pendidikan Dasar Dan Menengah Pertama Pasundan Se-Bandung Raya”. Pendekatan dalam penelitian pengembangan kapasitas organisasi penyelenggaraan pendidikan dilakukan dengan ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan juga dilakukan analisis SWOT, yaitu Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Metode penelitian yang digunakan dengan deskriptif kualitatif dan mengeksplorasi perilaku objek yang diteliti untuk menemukan gambaran yang mendalam tentang objek yang diteliti, dan teori dijadikan pendekatan terhadap masalah penelitian dengan sumber data primer dan data sekunder melalui observasi, analisis dokumentasi, wawancara mendalam dan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, cek, ricek dan konfirmasi antara hasil observasi, analisis dokumentasi dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kapasitas organisasi penyelenggaraan pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama Pasundan di lingkungan Yayasan Pendidikan Dasar Menengah Pasundan se-Bandung Raya tidak efektif terutama pada level sistem, maupun pada level kelembagaan, dikarenakan kurang memanfaat kekuatan organisasi dan peluang organisasi sekolah. Terdapat hal-hal baru yang belum diteliti oleh peneliti sebelumnya, yaitu dari suatu research gap sehingga dari penelitian ini memunculkan kebaruan (Novelty). Pengembangan kapasitas organisasi penyelenggaraan pendidikan Sekolah Menengah Pertama di lingkungan Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah Pertama Pasundan se-Bandung Raya ditentukan oleh dimensi: 1) Sistem, 2) Institusi, 3) Individu, 4) Komitmen, 5) Jaringan kerja. Substansi penelitian ini pada hakikatnya memperkuat teori dan memodifikasi teori sehingga pengembangan kapasitas organisasi dapat diimplementasikan secara efektif pada penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Pasundan se-Bandung Raya. Kata Kunci: Pengembangan Kapasitas Organisasi.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:25
Last Modified: 23 Apr 2024 08:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68890

Actions (login required)

View Item View Item