Supervisi Klinis Mengembangkan Kemampuan Guru Mewujudkan Pembelajaran Matematika Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di Smp

Okinda, Rondang (2024) Supervisi Klinis Mengembangkan Kemampuan Guru Mewujudkan Pembelajaran Matematika Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di Smp. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL RONDANG OKINDA.docx

Download (40kB)

Abstract

Supervisi klinis yaitu bentuk bimbingan profesional yang diberikan kepada guru berdasarkan kebutuhan guru itu sendiri, melalui siklus pra pertemuan awal, pertemuan awal, kunjungan kelas dan pertemuan akhir sebagai umpan balik yang sistematis, bertujuan mengembangkan kemampuan guru dalam mewujudkan pembelajaran matematika berbasis keterampilan berpikir tinggkat tinggi (hots). Metode penelitian kualitatif ini dalam pengumpulan data melalui data wawancara, observasi, telaah dokumen, survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan supervisi klinis yang sistematis, terencana dengan baik dapat mengembangkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika berbasis keterampilan tingkat tinggi, peserta didik menunjukkan meningkatnya kepercayaan diri dalam menyampaikan gagasan, pendapat dalam menghadapi permasalahan yang disodorkan guru saat pembelajaran hal ini dengan indikasi proses pembelajaran yang memberikan ruang aktivitas berpikir peserta didik pada level kognitif menganalisis dan mengevaluasi, yang mana level kognnitif tersebut adalah level berpikir tingkat tinggi. Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan soal level penalaran dengan hasil 5 peserta didik (12,5%) dapat mengerjakan secara sempurna, baik dan tepat, sedangkan sisanya 35 peserta didik(87,5%) masih belum sempurna. Kata kunci: Keterampilan berpikir tingkat tinggi (hots), Supervisi klinis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:25
Last Modified: 23 Apr 2024 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68878

Actions (login required)

View Item View Item