Penerapan PBL Berbantuan Math City Map Untuk Meningkatkan Numerasi, Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar Siswa

Wildan Sopari, Yopi (2024) Penerapan PBL Berbantuan Math City Map Untuk Meningkatkan Numerasi, Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar Siswa. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Jurnal _ Yopi Wildan_208060006_MPM.docx

Download (66kB)

Abstract

Kemampuan Numerasi, Berpikir Kreatif serta Motivasi Belajar siswa di SMP relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hal tersebut menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Math City Map. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan numerasi, berpikir kreatif dan motivasi siswa melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Math City Map dan siswa yang belajar melalui pendekatan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method) tipe embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas IX SMP Negeri 3 Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IX C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes Kemampuan Numerasi dan berpikir kreatif siswa, angket motivasi belajar siswa, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Math City Map lebih baik dengan siswa yang belajar melalui pendekatan konvensional; (2) Peningkatan berpikir kreatif siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Math City Map lebih baik dengan siswa yang belajar melalui pendekatan konvensional; (3) Adanya gambaran peningkatan motivasi belajar setelah memperoleh pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Math City Map; (4) Terdapat korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan numerasi yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Math City Map; (5) Terdapat korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan numerasi yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Math City Map. Kata kunci :Kreatif, Math City Map, Numerasi, PBL

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 22 Apr 2024 05:06
Last Modified: 22 Apr 2024 05:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68846

Actions (login required)

View Item View Item