PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI BANGUN RUANG DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Kartasasmita, Bana G and Pertiwi Hidayati, Panca and Triana, Neni (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI BANGUN RUANG DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Jurnal_Neni triana.S_208060013_MPM.docx

Download (228kB)

Abstract

Neni Triana S (2024) : “Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP” Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP di SMP Kartika X-1 Bandung, terutama pada soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari pada materi bangun ruang sisi lengkung sesuai dengan hasil kuesioner siswa di masa new normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan proses pengembangan bahan ajar pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan metode Problem Based Learning, untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang di kembangkan, mengukur efektivitas bahan ajar yang dikembangkan dan mengetahui adanya pengaruh bahan ajar tersebut terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Model penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall yang mana dalam pelaksanaannya dibatasi hingga tahap 8. Adapun tahapannya meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data (Research and Information collecting), tahap perencanaan (planning), Mengembangkan bentuk awal (develop preliminary form of product), uji coba terbatas (preliminari field testing), revisi produk ke 1 (main product revision), uji lapangan luas (main field testing), revisi produk ke 2 (operation product revision), uji coba lapangan (operation field testing). Lokasi penelitian yaitu dipilih SMP Kartika X-1 Bandung dengan pemilihan subjek menggunakan metode random sampling. Penelitian uji terbatas dilakukan pada siswa kelas 9B sebanyak 10 orang, penelitian uji luas dilakukan pada siswa kelas 9A sebanyak 30 orang, uji kelayakan soal di kelas 9C sebanyak 32 orang dan uji coba produk di kelas 9F sebanyak 30 orang. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Materi Ruang Sisi Lengkung, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Metod Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 22 Apr 2024 05:01
Last Modified: 22 Apr 2024 05:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68845

Actions (login required)

View Item View Item