PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS MAJAS BERORIENTASI PUISI DENGAN MODEL PBL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DI KELAS XI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG

Mr, Surachman (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS MAJAS BERORIENTASI PUISI DENGAN MODEL PBL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DI KELAS XI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Surachman MPBI.docx

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan Memaparkan menganalisis majas berorientasi puisi serta dampaknya terhadap kemampuan komunikasi di kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen semu (quasi experiment). Pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas kontrol kelas XI MIPA 5 dan Kelas Eksperimen Kelas XI MIPA 6. Adapun hasil dari penelitian ini meliputi: pertama penilaian sikap kelas dan pengamatan terhadap kemampuan menganalisis majas pada puisi dengan model PBL adapun dampak dari penilaian sikap tersebut adalah Dampak dari kemampuan ini terhadap kemampuan komunikasi adalah memungkinkan siswa untuk menyampaikan ide dan gagasan dengan lebih kreatif, padat, dan menggugah emosi, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Hal ini juga memperkaya ekspresi bahasa siswa dan memberikan kedalaman pada pemahaman mereka terhadap pesan yang disampaikan melalui puisi. Kedua Efektivitas Model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan menganalisis majas berorientasi puisi serta dampaknya terhadap kemampuan komunikasi di kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung dapat diukur melalui analisis data yang membandingkan skor Pretest dan Posttest, serta melalui observasi langsung terhadap kemampuan siswa dalam menganalisis dan menyampaikan pemahaman mereka terhadap majas-majas dalam puisi. Ketiga Pengaruh Model PBL dalam menganalisis majas berorientasi puisi serta dampaknya terhadap kemampuan komunikasi di kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung dapat dianggap besar karena pendekatan PBL memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang menekankan pemecahan masalah, penerapan konsep dalam konteks nyata, serta kolaborasi antar siswa dan guru. Kata Kunci : PBL, Kemampuan Komunikasi, Majas Berorientasi Puisi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 20 Apr 2024 07:56
Last Modified: 20 Apr 2024 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68835

Actions (login required)

View Item View Item