PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA PESERTA DIDIK FASE E SMA NEGERI 11 BANDUNG

Tri Saptari, Anggie Anggraini and Pertiwi Hidayati, Panca and Budiarti, Any (2024) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA PESERTA DIDIK FASE E SMA NEGERI 11 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memaparkan proses dan hasil pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam menulis teks anekdot dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada peserta didik fase E SMA Negeri 11 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods (metode campuran) tipe the embedded design. Adapun hasil dari penelitian ini meliputi: Pertama, implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model PjBL mampu mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Pembelajaran berdiferensiasi dengan model PjBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam menulis teks anekdot dan menghasilkan variasi produk alihwahana berupa komik, poster, dan karikatur; Kedua, hasil tes keterampilan menulis teks anekdot kelas kontrol peserta didik mencapai skor rata-rata yaitu sebesar 63,65 dengan standar deviasi sebesar 7.792. Sedangkan hasil tes kelas eksperimen, peserta didik mencapai skor rata-rata sebesar 88,09 dengan standar deviasi sebesar 4.858. dengan nilai signifikansi yaitu 0.000.; Ketiga, hasil tes kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol peserta didik mencapai skor rata-rata yaitu sebesar 60,50 dengan standar deviasi sebesar 10.187, Sedangkan hasil tes kelas eksperimen, peserta didik mencapai skor rata-rata sebesar 83,38 dengan standar deviasi sebesar 7.249. kemampuan berpikir kreatif dengan nilai signifikansi yaitu 0.000. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam menulis teks anekdot melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning (PjBL) lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam menulis teks anekdot pembelajaran konvensional. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam menulis teks anekdot pada peserta didik dan telah menunjukkan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik sesuai kemampuan dan minatnya Kata Kunci : pembelajaran menulis, teks anekdot, pembelajaran berdiferensiasi, project based learning, berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 20 Apr 2024 03:14
Last Modified: 20 Apr 2024 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68829

Actions (login required)

View Item View Item