FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DESA PARIGIMULYA KECAMATAN CIPUNAGARA KABUPATEN SUBANG

Imam Firmansyah, 174030004 and Gugum Mukdas Sudarjah, SE, MT, Pembimbing (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DESA PARIGIMULYA KECAMATAN CIPUNAGARA KABUPATEN SUBANG. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img] Text
COVER SKRIPSI IMAM.pdf

Download (62kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA & ENGLISH IMAM.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah kualitatif, bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat peranan pemerintah desa dalam mengelola badan usaha milik desa (Bumdes) khususnya di desa parigimulya kecamatan cipunagara kabupaten subang. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan instrumen bebrupa wawancara, observasi, dan dokumen. Sementara informan dalam penelitian ini adalah desa, dan masyarakat yang menggunakan teknik purvosive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan pemerintah desa dalam mengelola badan usaha milik desa (Bumdes) di parigimulya kecamatan cipunagara kabupaten subang. (1) Partisipasi terdapat saran dan masukan dalam pengelolaan bumdes serta nasihat yang sangat baik (2) Sosialisai terdapat didalamnya pelatihan-pelatihan per triwulan yang mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat yang sudah sangat baik (3) Fasilitas terdapat didalamnya aspek sarana dan prasarana terkait badan usaha milik desa (Bumdes) yang tidak efektif (4) Adapun faktor pendukung yaitu partisipasi atau keikutsertaan masyarakat dalam memanfaatkan (Bumdes) untuk meningkatkan ekonomi desa. (5) Adapun faktor penghambat yang menjadi kendala pada peranan pemerintah desa dalam mengelola badan usaha milik desa (Bumdes) seperti halnya tidak tersedianya sarana dan prasarana sehingga dapat menghambat pengelolaan badan usaha milik desa (Bumdes)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Studi Pembangunan 2017
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 17 Apr 2024 02:01
Last Modified: 17 Apr 2024 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68786

Actions (login required)

View Item View Item