POLA KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interaksi Simbolik Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Pasundan)

Azizah, Alifa Widiasih Nur (2024) POLA KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interaksi Simbolik Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Daring”. Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna peran dan kontribusi dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Pasundan dalam pembelajaran daring, dengan fokus pada persepsi mahasiswa. Selain itu, penelitian ini juga ingin memahami bagaimana konsep diri dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Pasundan mengalami perkembangan atau perubahan selama terlibat dalam pembelajaran daring. Selanjutnya, penelitian ini akan meneliti pola interaksi sosial antara dosen dan mahasiswa di lingkungan tersebut, dan bagaimana interaksi ini memengaruhi secara keseluruhan proses pembelajaran daring di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik berdasarkan Mahzab Chicago. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan sumber data primer yang berfokus pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini melalui 10 orang informan mengungkapkan bahwa dalam pembelajaran daring, peran dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas, seperti kemampuan memahami materi dan memberi motivasi, sangat dihargai mahasiswa. Keterlibatan aktif dosen, respons cepat, dan umpan balik konstruktif memiliki dampak positif. Konsep diri dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Pasundan berubah selama pembelajaran daring. Dosen beradaptasi dengan teknologi baru, beberapa merasa lebih percaya diri, sementara mahasiswa memperkuat kemandirian dan adaptasi teknologi, meski menghadapi kendala. Pola interaksi sosial antara dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran daring kompleks. Dosen berfungsi sebagai fasilitator dan dukungan psikologis, sementara mahasiswa aktif di platform digital. Meski ada tantangan seperti interaksi langsung yang berkurang, komunikasi ini membangun lingkungan pembelajaran inklusif di dunia maya. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Pembelajaran Daring.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 16 Apr 2024 07:39
Last Modified: 16 Apr 2024 07:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68783

Actions (login required)

View Item View Item