PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR BAGI SISWA KELAS III PADA MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI SEKITAR RUMAH DAN SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN IPS

LINDA ROSIANA, 115060086 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR BAGI SISWA KELAS III PADA MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI SEKITAR RUMAH DAN SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI MAMI.docx

Download (114kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN MAMI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
moto dan abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN MAMI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR MAMI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI MAMI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
Bab 4 jadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah bahwa siswa SDN Pakutandang 02 di kelas III saat pembelajaran IPS terlihat pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain Elliot. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik pretes dan post tes. Temuan di lapangan saat penelitian di antaranya siswa kurang memiliki keberanian untuk bertanya, mengemukakan pendapat dan memecahkan masalah. Hasil peningkatan dari kemampuan berpikir kritis pada siklus I: 11,3 Siklus II: 88,7. Adapun peningkatan hasil belajar pada siklus I adalah 37,73, siklus II: 62,26. Dengan demikian peneliti merekomendasikan kepada guru untuk menggunakan model problem based learning sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Siswa Kelas III, SDN Pakutandang 02, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem based learning, IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Jul 2016 13:15
Last Modified: 29 Jul 2016 13:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6878

Actions (login required)

View Item View Item