POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR GURU DAN MURID PENYANDANG DISABILITAS TUNAGRAHITA

Al - Ikhlas, Tiara Jasmine Firdausa (2024) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR GURU DAN MURID PENYANDANG DISABILITAS TUNAGRAHITA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (68kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (54kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (97kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (112kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (79kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pola Komunikasi Interpersonal Antar Guru Dan Murid Penyandang Disabilitas Tunagrahita (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid di SPKH Assakinah Sejahtera Bandung Barat). Tujuan dari penelitian yang peneliti teliti yaitu mengetahui pola komunikasi interpersonal guru dan murid penyandang Disabilitas Tunagrahita di SPKH Assakinah Sejahtera. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, studi kasus deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori yang digunakan yaitu menggunakan Teori Interaksi Simbolik (Herbert Mead) dengan tiga elemen yang digunakan peneliti yaitu (1) Mind (2) Self (3) Society. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi literatur, observasi lapangan, wawancara dengan para informan, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu Informan Inti berjumlah 5 Orang, informan inti merupakan para guru dan orang tua murid SPKH Assakinah Sejahtera Bandung Barat dan Informan Akademisi berjumlah 1 Orang. Objek dari penelitian ini yaitu SPKH Assakinah Sejahtera Bandung Barat yang berada di Jl. H. Gofur Kp. Rawa Tengah RT.01 RW 07, Ds. Tani Mulya 40552, Tanimulya, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Hasil penelitian yang peneliti teliti berfokus pada pembahasan mengenai Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid di SPKH Assakinah Sejahtera yang menggunakan tiga konsep utama dalam teori Mead yang ditangkap dalam judul karyanya yang paling terkenal yaitu Mind (pikiran), Self (diri sendiri), dan Society (masyarakat). Kategori-kategori ini merupakan aspek-aspek yang berbeda dari proses umum yang sama yang disebut tindak sosial, yang merupakan sebuah kesatuan tingkah laku yang tidak dapat dianalisis kedalam bagian-bagian tertentu. Tindakan saling berhubungan dan dibangun seumur hidup. Tindakan dimulai dengan sebuah dorongan, melibatkan persepsi dann pernunjukan makna, repetisi mental, pertimbangan alternatif, dan penyempurnaan. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Guru, Murid Disabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 16 Apr 2024 06:39
Last Modified: 16 Apr 2024 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68776

Actions (login required)

View Item View Item