PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS

ANISA LIDYA, 115060122 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (38kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Permasalahan yang muncul pada pembelajaran tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri Asmi Bandung adalah kurangnya rasa ingin tahu siswa dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang membuat penulis untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas ini. Hal tersebut terjadi karena guru yang hanya menggunakan metode ceramah saja pada saat proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini mempunyai prosedur penelitian dengan model Kemmis dan Taggart yang dimulai dari tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Sedangkan instrument penelitian untuk menganalisis hasil belajar siswa menggunakan lembar postes, lembar observasi dan wawancara. Sedangkan tindakan yang dilakukan dua siklus. Berdasarkan data yang diperoleh dari pelaksanaan selama tindakan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning telah memberikan perubahan yang signifikan. Berdasarkan nilai sikap rasa ingin tahu siswa kelas IV SD Negeri Asmi Bandung pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang memiliki rasa ingin tahu yaitu sebanyak 5 orang atau 14,28% dan 20 orang atau 57,14% dengan rasa ingin tahu yang rendah. Hasil rasa ingin tahu siswa siklus II menunjukkan bahwa siswa yang memiliki rasa ingin tahu yaitu sebanyak 30 orang atau 85,71% dan 5 orang atau 14,28% dengan rasa ingin tahu yang rendah. Pada siklus I hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan belajar berjumlah 13 siswa atau 37,14%, sedangkan siswa yang tidak tuntas nilainya dibawah KKM sebanyak 22 siswa atau 62,85% dari 35 orang siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar nilainya diatas KKM sebanyak 31 siswa atau 88,57% sedangkan siswa yang tidak tuntas belajar pada siklus II nilainya dibawah KKM sebanyak 4 siswa atau 11,42% dari 35 siswa. Berdasarkan peningkatan belajar dari setiap siklus tersebut, maka pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Jul 2016 13:01
Last Modified: 29 Jul 2016 13:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6877

Actions (login required)

View Item View Item