Mohamad Iqbal Agung, 095060001 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING THINK PAIRE SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRE SHARE.docx Download (22kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
Motto.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
Surat Pernyataan.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
Kata Pengantar.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
Ucapan Terima kasih.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bercerita siswa pada pembelajaran IPS, karena dalam proses pelaksanaan pembelajaran siswa tidak dapat dan mampu menceritakan perjuangan dan kejayaan tokoh- tokoh sejarah hindu-budha dan islam di indonesia, terlebih pembelajaran IPS bersifat Hafalan, dalam pembelajaran siswa jarang bahkan tidak sama sekali mengutarakan ide pikirannya,kurangnya semangat dan motivasi dalam pembelajaran kurangnya rasa tanggung jawab dan kerja sama yang menyebabkan rendahnya kemampuan bercerita siswa. Penelitian ini mengunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Paire Share. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalan Penelitian Tindakan Kelas yang berlansung sebanyak III siklus. Proses penelitian yang dialakukan secara kolaboratif antara guru / observer dan peneliti mitra penelitian. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan ini siswa kelas VSDN Telagasari Kelurahan mekarsari Kecamatan Neglasari Kota Tangerang Propinsi Banten dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi, tes, angket dan penilaian dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jenis data pada penelitian ini adalah data kuntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan bercerita siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak 38 siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 29 siswa dengan persentase 76,32% dan mencapai nilai rata-rata sebesar 70 dengan kategori cukup baik. Pada siklus II sebanyak 33 siswa yang mencapai KKM dengan persentase 86,84% dan mencapai nilai rata-rata sebesar 77 dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus III semua dan seluruh siswa telah mencapai KKM dengan persentase 100% dengan nilai rata-rata sebesar 81 dengan kategori sangat baik. Selain dilihat dari peningkatan hasil belajar, peningkatan kemampuan bercerita dapat dilihat berdasarkan peningkatan hasil observasi siswa yang meliputi aspek kognitif,aspek afektif (nilai karater),aspek afektif (ketepatan bercerita), aspek psikomotor (bercerita berdasarkan gambar). Pada setiap siklusnya mengalami peningkatandan memiliki kategori baik. Berdasarkan penilitian tersebut yang telah dilaksanakan peniliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Paire Share dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kata Kunci: Cooperative Learning tipe Think Paire Share,Kemampuan Berceita siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 19:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 19:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6875 |
Actions (login required)
View Item |